Menyambut libur panjang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2025, XL Axiata memprediksi akan terjadi lonjakan trafik data antara 10 persen hingga 20 persen dibandingkan hari biasa.
- Lahirnya Raksasa Digital: XLSMART Siap Pimpin Transformasi Indonesia
- Paket Umroh Plus dari XL Axiata, Bikin Selalu Dekat dengan Keluarga
- Raih Kinerja Keuangan Positif, XL Axiata Fokus Pada Inovasi dan Ekspansi Layanan
Baca Juga
Untuk itu, perusahaan telekomunikasi ini telah mempersiapkan kapasitas jaringan dua kali lipat dari kondisi normal guna menjaga kestabilan layanan.
Lonjakan trafik diperkirakan akan didorong oleh tingginya aktivitas pelanggan yang memanfaatkan layanan digital seperti berbagi konten video dan foto, serta streaming video, musik, dan game.
Platform media sosial seperti Instagram, TikTok, dan Facebook juga diprediksi akan menjadi tempat utama bagi pelanggan untuk berbagi momen liburan mereka.
Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa menjelaskan bahwa berdasarkan data survei Kementerian Perhubungan, diperkirakan sekitar 110 juta orang akan melakukan perjalanan selama periode Nataru 2024/2025.
"Oleh Karena itulah, XL Axiata telah memperkuat layanan data dan perlu menyiapkan jaringan dengan kapasitas 2x lipat lebih besar dari hari normal agar dapat tetap aman jika terjadi lonjakan trafik yang signifikan," ujarnya dalam rilis yang diterima redaksi, Jum'at (13/12).
Selain meningkatkan kapasitas jaringan, XL Axiata juga mempersiapkan penguatan layanan internet rumah dan produk konvergensi, termasuk XL SATU dan First Media. Pengguna diperkirakan akan lebih banyak mengakses layanan ini selama masa liburan di rumah.
"Peningkatan trafik juga diprediksi akan terjadi di jalur transportasi, terutama di jalur mudik seperti jalan tol Trans Jawa dan Trans Sumatera, serta di kota-kota tujuan wisata," katanya.
Sebagai langkah antisipasi, XL Axiata telah menempatkan 127 unit Mobile BTS (MBTS) di lokasi-lokasi yang diprediksi akan mengalami lonjakan trafik, seperti pusat keramaian, destinasi wisata, dan jalur tol.
Perusahaan juga telah mengidentifikasi kota-kota yang rawan mengalami lonjakan trafik, antara lain di Sumatera Utara, Jawa Tengah, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Bali, dan Lombok.
Guna mengantisipasi bencana yang dapat mengganggu kelancaran jaringan, seperti banjir, gempa bumi, atau tanah longsor, XL Axiata telah menyiapkan tim siaga 24 jam dan melakukan pemantauan kondisi jaringan secara terus-menerus di pusat monitoring yang terletak di kantor pusat Jakarta.
Selain itu, untuk mendukung pelanggan selama liburan, XL Axiata juga menyediakan layanan pelanggan 24 jam melalui call center, aplikasi myXL dan AXISnet, serta kanal digital lainnya seperti email, Facebook, Instagram, dan Live Chat.
"XL Axiata juga memastikan 90 XL Center yang tersebar di berbagai kota tetap buka, terutama di pusat perbelanjaan, untuk melayani pelanggan yang membutuhkan bantuan langsung," pungkasnya.
- Lahirnya Raksasa Digital: XLSMART Siap Pimpin Transformasi Indonesia
- Paket Umroh Plus dari XL Axiata, Bikin Selalu Dekat dengan Keluarga
- Raih Kinerja Keuangan Positif, XL Axiata Fokus Pada Inovasi dan Ekspansi Layanan