PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berhasil mengelola lonjakan kebutuhan data pelanggan sepanjang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2025. Berdasarkan pemantauan antara 24 Desember 2024 hingga 2 Januari 2025, trafik layanan rata-rata meningkat 19% dibandingkan hari normal.
- Lahirnya Raksasa Digital: XLSMART Siap Pimpin Transformasi Indonesia
- Paket Umroh Plus dari XL Axiata, Bikin Selalu Dekat dengan Keluarga
- Raih Kinerja Keuangan Positif, XL Axiata Fokus Pada Inovasi dan Ekspansi Layanan
Baca Juga
Puncak kenaikan trafik terjadi pada malam tahun baru di kawasan wisata Sarangan, Jawa Timur, dengan lonjakan hingga 208% dibandingkan hari biasa. Layanan streaming mendominasi kenaikan trafik, serupa dengan tren pada tahun sebelumnya.
Direktur dan Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, menyatakan kesiapan jaringan menjadi prioritas XL Axiata selama libur panjang Nataru.
"Kami telah menyiapkan jaringan jauh-jauh hari untuk menjaga kenyamanan pelanggan. Seperti yang kami prediksikan, ada kenaikan trafik data signifikan seiring mobilitas masyarakat yang meningkat untuk menikmati liburan," ujar Gede lewat keterangan yang diterima, Selasa (7/1/2025).
Untuk mengantisipasi lonjakan trafik, XL Axiata meningkatkan kapasitas jaringan hingga dua kali lipat, mengerahkan mobile BTS (MBTS), serta menyediakan genset di area rawan bencana. Rekayasa pengalihan jaringan juga dilakukan untuk memastikan layanan tetap optimal.
Data XL Axiata menunjukkan peningkatan trafik data yang signifikan di berbagai wilayah wisata. Di kawasan Malioboro, Yogyakarta, trafik naik hingga 115%, sementara di Bromo, Jawa Timur, tercatat kenaikan tertinggi sebesar 294%. Lokasi lain seperti Danau Toba (106%), Pantai Kuta Bali (67%), dan Puncak Bogor (50%) juga mengalami peningkatan besar.
Secara regional, kenaikan tertinggi terjadi di provinsi Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur (21%). Jawa Timur mencatat kenaikan 18%, diikuti Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (17%), serta Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DIY (16%).
Selama periode Nataru, layanan streaming mencatat peningkatan trafik hingga 28%. Platform seperti YouTube naik 18%, TikTok 31%, dan Instagram 20%. Pada layanan gim, FreeFire mencatat lonjakan tertinggi sebesar 105%, disusul Roblox (88%) dan Mobile Legends (22%).
Sementara itu, aplikasi navigasi juga mencatat kenaikan, dengan Waze naik 24% dan Google Maps 18%. Trafik streaming musik meningkat 21%, dan layanan streaming film seperti Vidio dan Viu masing-masing mencatat kenaikan 137% dan 106%.
XL Axiata melaporkan lebih dari 58,6 juta pelanggan menikmati layanan yang didukung oleh lebih dari 165.000 BTS, mayoritas 4G, serta jaringan fiber optik sepanjang lebih dari 190.000 km. "Kami bersyukur jaringan tetap prima selama libur panjang ini. Hal ini menunjukkan komitmen kami untuk terus menjaga kualitas layanan," tutup Gede.
- Lahirnya Raksasa Digital: XLSMART Siap Pimpin Transformasi Indonesia
- Paket Umroh Plus dari XL Axiata, Bikin Selalu Dekat dengan Keluarga
- Raih Kinerja Keuangan Positif, XL Axiata Fokus Pada Inovasi dan Ekspansi Layanan