PGN Sukses Jaga Distribusi Gas di 74 Kota Selama Lebaran

Petugas PGN saat berkativitas/ist
Petugas PGN saat berkativitas/ist

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN), sebagai Subholding Gas Pertamina, mencatat kinerja positif selama masa Satuan Tugas Ramadhan dan Idul Fitri (Satgas RAFI) 2025.


Perusahaan berhasil menjaga keandalan pasokan dan distribusi gas bumi di 74 kabupaten/kota di 18 provinsi Indonesia, tanpa adanya gangguan berarti.

Penutupan resmi Satgas RAFI 2025 dilakukan pada Senin (14/04/2025). Selama periode siaga, PGN menyalurkan gas bumi ke lebih dari 5.800 pelanggan komersial, industri, serta pelanggan kecil, termasuk ke lebih dari 813.000 rumah tangga dan pembangkit listrik (termasuk PLN Group).

“Pemenuhan permintaan gas dilakukan secara maksimal tanpa adanya gangguan pasokan, baik untuk sektor rumah tangga, pelanggan kecil, komersial, dan industri,” ujar Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN, Harry Budi Sidharta, Rabu (16/4/2025).

Penyaluran gas tersebut dilakukan melalui infrastruktur PGN yang meliputi lebih dari 33.000 km jaringan pipa gas, 16 SPBG dan MRU, serta tiga terminal LNG yang saling terintegrasi.

Hingga akhir masa Satgas RAFI 2025, volume niaga gas PGN mencapai rata-rata 788 BBTUD—angka ini melampaui proyeksi tahunan dengan peningkatan 22,7 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Tak hanya andal dalam distribusi melalui pipa, PGN juga memaksimalkan pemanfaatan LNG untuk memenuhi kebutuhan pelanggan di wilayah yang belum terjangkau jaringan. Regasifikasi LNG yang dilakukan di FSRU Lampung – PLI, Nusantara Regas, dan Perta Arun Gas mencapai 551 BBTUD atau meningkat 41,6 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Untuk sektor transportasi, PGN mencatat penyaluran bahan bakar gas (BBG) mencapai 18.020 liter setara premium (LSP), naik 2,1% dibandingkan periode RAFI 2024.

“Kelancaran penyaluran BBG untuk transportasi, khususnya pada momen Lebaran, juga menjadi perhatian perusahaan. PGN memastikan reliabilitas distribusi BBG tetap terjaga dengan baik,” tambah Harry.

Pelayanan kepada pelanggan juga tetap optimal selama masa siaga. Melalui Pertamina Call Center 135, PGN berhasil menyelesaikan 527 laporan pelanggan selama masa RAFI.

Harry menyampaikan apresiasi tinggi kepada seluruh tim Satgas RAFI PGN yang telah bekerja siaga dan profesional selama periode Ramadhan dan Idul Fitri.

“Kami bersyukur atas kelancaran operasional selama periode ini. Ini menunjukkan komitmen PGN untuk memastikan keberlanjutan pasokan energi yang andal dan efisien,” tegasnya.