Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Musi bakal memberlakukan tambahan pembayaran rekening air bagi para pelanggan di kota Palembang.
- Air Bersih PDAM Kota Pagar Alam Tak Mengalir, Warga Terpaksa Minta Air ke Masjid
- PDAM Sidak Pelanggan Bandel di Empat Lawang
- Kesal Air Tak Kunjung Mengalir, Warga Muara Enim Bakal Datangi Kantor PDAM
Baca Juga
Tambahan pembayaran ini berupa tagihan air limbah yang rencananya mulai diberlakukan pada Maret 2025 mendatang.
Hal ini diakui oleh Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirta Musi, Andi Wijaya, Jumat (7/2).
Dia mengatakan, penambahan tagihan air limbah ini berupa layanan pengolahan air limbah yang merupakan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) di Sei Selayur yang beroperasi sejak 2024 lalu. Hanya saja, baru diberlakukan pembayarannya mulai Maret mendatang.
“Nantinya pada rekening tagihan air bersih akan ditambah kolom air limbah,” katanya.
Dalam Perda Nomor 10 tahun 2022 tentang Perumda sebagai operator air limbah ini, tertulis bahwa pelanggan air minum adalah pelanggan air limbah.
Dengan Perda tersebut, maka secara otomatis yang sudah tersambung dengan pipa IPAL di Sei Selayur maka menjadi pelanggan air limbah.
“Tercatat ada 400 pelanggan yang secara otomatis menjadi pelanggan air limbah ini,” terangnya.
Sedangkan yang belum tersambung nantinya akan dilakukan penyedotan di septitank secara berkala selama tiga tahun sekali atau disebut sebagai onside customer.
Sedangkan, untuk pelanggan yang sudah tersambung dengan pipa IPAL di Sei Selayur ini disebut sebagai Offside, mereka berada di kawasan Merdeka, Radial, Rumah Susun dan lainnya.
Pelanggan wajib membayar air limbah ini. Untuk tarif pelanggan rumah tangga pengolahan air limbah ini flat, untuk pelanggan 2B Rp17.300 kena PPN limbah 1.903 atau 11 persen.
Sedangkan, pelanggan 2A sekitar Rp10 ribu sekian dengan PPN 11 persen, dan untuk pelanggan niaga berdasarkan persentase rekening airnya dihitung 29 persen dari tagihannya.
“Maret ini kami akan melakukan pencetakan rekening tagihan air bersih dengan ditambahkan rekening air limbah. Jadi pelanggan jangan kaget,” ujarnya,
Nantinya, bagi pelanggan di luar 400 pelanggan tersebut akan tertera tagihannya Rp0 untuk tagihan air limbahnya tapi tetap dicetak dalam tagihan air.
“Rekening air bulan Maret akan ditambahkan kolom ada informasi tagihan air limbah,” katanya.
Ia mengatakan, pencetakan ini hanya keluar ketika bayar di loket atau penagih resmi PDAM, sedangkan untuk operator lain seperti di e-commerce belum tertera meski tetap terbayar.
“Dulu 400 pelanggan yang sudah terlayani air limbah kita tagih secara manual, dan minusnya mereka tidak bisa bayar online. Tapi, semakin banyak pelanggan air limbah maka dapat dilakukan online pembayarannya,” pungkasnya.
- Air Bersih PDAM Kota Pagar Alam Tak Mengalir, Warga Terpaksa Minta Air ke Masjid
- PDAM Sidak Pelanggan Bandel di Empat Lawang
- Kesal Air Tak Kunjung Mengalir, Warga Muara Enim Bakal Datangi Kantor PDAM