Meski Pasar Turun 12 Persen, Daihatsu Tetap Tangguh dengan Penurunan Hanya 8 Persen

Stevan Kristianto, Regional Head Sumbagsel PT Astra Internasional Daihatsu, dalam acara media gathering DAIFEST 2024/Foto: Maya Hasan
Stevan Kristianto, Regional Head Sumbagsel PT Astra Internasional Daihatsu, dalam acara media gathering DAIFEST 2024/Foto: Maya Hasan

Daihatsu berhasil menjaga performanya di tengah penurunan pasar otomotif nasional sebesar 12 persen. Hingga Agustus 2024, Daihatsu mencatat penjualan lebih dari 58 ribu unit di wilayah Sumatera.


“Kondisi ini menunjukkan bahwa mobil Daihatsu masih diminati konsumen,” kata Stevan Kristianto, Regional Head Sumbagsel PT Astra Internasional Daihatsu, dalam acara media gathering DAIFEST 2024 (Daihatsu End Year Festival 2024) yang digelar di Royal PGC Palembang, Rabu (25/9/2024).

Stevan menjelaskan bahwa penurunan pasar otomotif saat ini dialami oleh lima merek besar di Indonesia, yang sebagian dipicu oleh kredit macet di sektor leasing. Meski demikian, ia tetap optimis dengan penjualan Daihatsu.

“Kami tetap optimis, apalagi kami bermain di segmen first car buyer dengan beberapa varian pilihan seperti Sigra 1.000, 1.200, dan 1.300 cc,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa produk andalan Daihatsu seperti Sigra, Ayla, dan model pikap memberikan kontribusi 33 persen terhadap total penjualan. Produk-produk tersebut dinilai terjangkau dan sesuai dengan kebutuhan pasar.

Untuk menjaga penjualan di tengah tantangan pasar, Daihatsu mengadakan program DAIFEST 2024, yang menawarkan berbagai promo menarik, termasuk gratis biaya administrasi, asuransi, diskon khusus, hingga tenor kredit hingga enam tahun. Program ini juga memungkinkan konsumen menukar mobil lama mereka dengan unit baru.

DAIFEST 2024 akan berlangsung dari September hingga Desember 2024, di mana konsumen berkesempatan memenangkan hadiah menarik seperti logam mulia, elektronik, hingga hadiah utama berupa unit mobil Daihatsu Rocky.

Dengan langkah ini, Daihatsu optimis dapat mempertahankan pangsa pasar dan terus memenuhi kebutuhan konsumen meski di tengah tantangan industri otomotif yang tengah menurun.