Lapas Muara Enim Tingkatkan Pelayanan Publik, Fokus pada Kelompok Rentan

Kunjungan Ditjen PAS Kemenkumham. (ist/rmolsumsel.id)
Kunjungan Ditjen PAS Kemenkumham. (ist/rmolsumsel.id)

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Muara Enim terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanannya, khususnya bagi kelompok rentan. 


Hal ini dibuktikan dengan adanya kunjungan dari Bidang Biro Perencanaan Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM serta Tim Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan, Selasa (3/9).

Kunjungan ini bertujuan untuk memberikan pendampingan dalam rangka pembinaan Pelayanan Publik Ramah Kelompok Rentan Tahun 2024. Kelompok rentan yang menjadi fokus utama dalam kegiatan ini meliputi perempuan, anak-anak, lansia, dan penyandang disabilitas.

Kepala Lapas Muara Enim, Mukhlisin Fardi, menyambut positif inisiatif dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) ini. 

"Kami sangat mengapresiasi adanya pendampingan ini. Dengan adanya pendampingan ini, kami berharap dapat memberikan pelayanan yang lebih baik, tidak hanya memenuhi standar, tetapi juga lebih ramah dan adil bagi seluruh warga binaan, terutama mereka yang termasuk dalam kelompok rentan," ujar Mukhlisin.

Pendampingan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran para petugas pemasyarakatan tentang pentingnya pelayanan yang berorientasi pada hak asasi manusia (HAM). 

"Kami berkomitmen untuk memastikan tidak ada diskriminasi dalam pelayanan yang kami berikan. Semua warga binaan memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pelayanan yang layak, dan pendampingan ini adalah langkah nyata kami untuk mewujudkan hal tersebut," tambah Mukhlisin.   

Selain mengadakan pertemuan, tim dari Ditjen PAS dan Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Selatan juga melakukan peninjauan langsung ke beberapa fasilitas penting di Lapas Muara Enim.