Kaos Nyenyes Palembang Luncurkan desain Baru 'Balek Kemano'

Desain Baru Kaos Nyenyes Palembang/ist
Desain Baru Kaos Nyenyes Palembang/ist

Kaos Nyenyes Palembang kembali meluncurkan desain produk kaos terbaru dengan mengangkat tema Balek Kemano.


Marketing Manager Kaos Nyenyes, M Indriawan mengatakan bahwa tema yang diusung kali ini difokuskan kepada beberapa daerah di Palembang yang memiliki cerita dan cukup dikenal masyarakat lokal.

"Jadi Balek Kemano ini menceritakan sembilan daerah di Palembang yang cukup terkenal lewat desai dan tulisan, diantaranya Jakabaring, Bukit Besak, Sekip, Tangga Buntung, Palimo, Kertapati, Plaju, Lemabang dan Pakjo," katanya saat dibincangi, Senin (3/1).

Dia mengatakan, konsep awal yang dibangun tim Nyenyes dalam pembuatan desain ini adalah atas keinginan untuk terus mengembangkan potensi daerah denga ikon yang ada. Dengan demikian, masyarakat lebih paham mengenai sejarah dan cerita apa saja yang lahir di kawasan tersebut.

"Nyenyes disini berusaha membuat orang bangga dengan daerahnya sendiri, ditambah tagline banggalah dengan tempat tinggal sendiri," tambahnya.

Dikatakannya, masyarakat masih banyak yang membangun streotip dari sembilan tempat itu dengan hal-hal tidak baiknya saja. Sedangkan diketahui bahwa Kertapati misalnya cukup terkenal dengan Kampung Jumputannya.

"Lalu, daerah Tangga Buntung ini ditengah-tengah warga lokal seperti ada streotip yang menyebutkan kalau Tangga Buntung itu Texas, padahal ada ikon membanggakan yang masih bisa diangkat," sambungnya.

Selain itu, pada desainnya Kaos Nyenyes behasil mengkombinasikan beberapa bangunan setempat, seperti halnya Bukit Besak yang menggabungkan antara Bukit dan atap gedung Griya Agung.

"Tangga Buntung kita buat perpaduan Tanjak dan Songket, Palimo kita buat, ikon perpaduan petak dan bulat, hal ini sesuai dengan tampilkan kalau dilihat dari drone. nanti ada deskripsinya sendiri-sendiri juga," timpalnya pula.

Pada peluncuran hari pertama, Indriawan mengatakan telah menyiapkan sebanyak 1000 stok kaos unisex ukuran dewasa yang tersedia di marketplace Nyenyes.com dan seluruh outlet di Palembang.

"Sekarang kita juga akan ada promo, jadi untuk 100 pembeli diawal, itu akan dapat beberapa merchandise. Harapannya penjualan series Balek Kemano ini bisa selaris series Jumputan," ucapnya.

Kedepan, ia juga akan terus berfokus pada ikon-ikon daerah untuk beberapa produk lainnya yang akan digarap, sebab baginya sangat diperlukan peranan masyarakat dan pengusaha lokal untuk terus memperkenalkan potensi daerah.

"Pengennya masyarakat itu menyadari kalau Nyenyes ini bukan hanya sebagai oleh-oleh, tapi juga menjadi daily wear," katanya dengan semangat.

Kendati demikian, dia masih menyayangkan respon pemerintah terkait yang juga menurutnya harus tanggap mempromosikan produk-produk daerah.

"Kalau sama dinas kita masih kesulitan untuk menjangkaunya, sudah pernah. mangkanya sekarang kita fokuskan ke komunitas dan ajang pemilihan putra-putri daerah misalnya," pungkasnya.

Meskipun saat ini sudah mulai merambah ke pasar online tapi dia mengaku belum ada bentuk kerjasama dengan pemerintah terkait.