Menyambut libur Hari Raya Idul Adha 1445 H dan liburan anak sekolah tahun ajaran 2023/2024, KAI Divre III Palembang menyediakan 75.968 tempat duduk untuk keberangkatan tanggal 13 Juni sampai dengan 14 Juli 2024.
- KAI Beri Potongan Harga Tiket Hingga 50 Persen untuk Lima Kategori Penumpang, Ini Ketentuannya
- Pusdalopka KAI Jadi Garda Terdepan Atasi Gangguan Operasional Kereta Api
- KAI Divre III Palembang Catat 33 Perlintasan Liar, Giat Intensifkan Penutupan
Baca Juga
Jumlah ini setara dengan rata-rata 2.374 tempat duduk setiap harinya. Kapasitas ini mencakup KA Bukit Serelo relasi Kertapati-Lubuklinggau (PP), KA Ekspres Rajabasa relasi Kertapati-Tanjungkarang dan KA komersial Sindang Marga relasi Kertapati-Lubuklinggau (PP).
Manager Humas KAI Divre III Palembang, Aida Suryanti, mengatakan bahwa KAI Divre III Palembang siap mengakomodir kebutuhan masyarakat yang melakukan mobilitasnya pada periode libur tersebut.
"Hingga Senin (10/6) pukul 10.00 WIB, pemesanan tiket KA jarak jauh keberangkatan di Divre III Palembang tanggal 13 Juni - 14 Juli 2024 tercatat sudah terjual sebanyak 44.687 pelanggan atau 59% dari ketersediaan tempat duduk," ujar Aida.
Jumlah penjualan tertinggi adalah untuk kereta api ekonomi yaitu KA Bukit Serelo dan KA Ekspres Rajabasa yang sudah terjual habis sampai awal Juli.
"Data ini akan terus meningkat karena penjualan tiket masih terus berlangsung," terutama dari stasiun antara, seperti Prabumulih, Muara Enim, Lahat, Tebing Tinggi dan Kota Padang," terangnya.
KAI juga mempercepat proses pengembalian dana pembatalan tiket KA Antar Kota.
"Sejak 1 Juni 2024, pengembalian dana dilakukan paling lambat dalam waktu 7 hari setelah tanggal pembatalan," kata Aida.
Sebelumnya, batas waktu pengembalian bea tiket yang dibatalkan atas permintaan penumpang yaitu 30 hingga 45 hari.
Penumpang dapat melakukan pengembalian dana melalui transfer ke rekening bank atau e-wallet, atau secara tunai di stasiun-stasiun tertentu.
Proses pembatalan tiket dapat dilakukan pada aplikasi Access by KAI dan loket stasiun yang melayani pembatalan tiket, dengan biaya administrasi sebesar 25% per tiket yang dibatalkan.
Penumpang dapat membatalkan tiket di Access by KAI selambatnya 2 jam sebelum keberangkatan KA, atau di loket stasiun selambatnya 30 menit sebelum keberangkatan KA.
KAI berharap kebijakan baru ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan memenuhi harapan pelanggan.
"Langkah ini juga diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap layanan KAI. Serta menarik lebih banyak penumpang untuk menggunakan moda transportasi kereta api sebagai pilihan utama mereka," tutup Aida.
- KAI Beri Potongan Harga Tiket Hingga 50 Persen untuk Lima Kategori Penumpang, Ini Ketentuannya
- Pusdalopka KAI Jadi Garda Terdepan Atasi Gangguan Operasional Kereta Api
- KAI Divre III Palembang Catat 33 Perlintasan Liar, Giat Intensifkan Penutupan