Mengantisipasi lonjakan penumpang selama masa angkutan Lebaran 2025, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional III Palembang menyiapkan sebanyak 43 unit kereta.
- KAI Beri Potongan Harga Tiket Hingga 50 Persen untuk Lima Kategori Penumpang, Ini Ketentuannya
- Pusdalopka KAI Jadi Garda Terdepan Atasi Gangguan Operasional Kereta Api
- KAI Divre III Palembang Catat 33 Perlintasan Liar, Giat Intensifkan Penutupan
Baca Juga
Selain itu, KAI Divre III Palembang juga telah melaksanakan Rampcheck atau inspeksi kelengkapan Standar Pelayanan Minimum (SPM) bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan Republik Indonesia pada 17 hingga 19 Februari 2025.
Manager Humas KAI Divre III Palembang, Aida Suryanti menyatakan, pihaknya siap mengoperasikan tiga kereta api penumpang guna menghadapi tingginya permintaan tiket selama periode mudik Lebaran.
Ketiga kereta tersebut adalah KA Bukit Serelo dengan rute Kertapati-Lubuklinggau (PP), KA Rajabasa dengan rute Kertapati-Tanjungkarang (PP), serta KA Komersial Sindang Marga yang juga melayani rute Kertapati-Lubuklinggau (PP).
“Total 43 unit kereta yang kami siapkan terdiri dari 14 unit kereta kelas eksekutif (K1), 8 unit kereta kelas bisnis (K2), 12 unit kereta kelas ekonomi (K3), 2 unit kereta makan (M1), 3 unit kereta makan dan pembangkit (KMP3), serta 4 unit kereta pembangkit yang dirangkai sesuai kelasnya,” jelas Aida, Selasa (25/2/2025).
Aida menambahkan bahwa seluruh rangkaian kereta telah dinyatakan siap operasi (SO) oleh tim teknis sarana KAI Divre III Palembang setelah melalui serangkaian perawatan dan pemeriksaan menyeluruh. Pemeriksaan ini dilakukan oleh tenaga teknis yang telah memiliki sertifikasi kompetensi dari DJKA Kemenhub.
“Pemeriksaan sarana meliputi pengujian statis dan dinamis, termasuk uji dimensi, ruang batas sarana, berat kosong dan muatan, sistem pengereman, hingga pengecekan keretakan dan kebocoran,” tambahnya.
Tak hanya inspeksi teknis, KAI Divre III Palembang bersama DJKA Kemenhub RI melalui Balai Teknik Perkeretaapian Kelas II Palembang juga melakukan pemeriksaan terhadap kelengkapan fasilitas sesuai dengan standar pelayanan minimum (SPM) yang diatur dalam PM 63 Tahun 2019.
Fasilitas yang diperiksa meliputi alat pemadam api ringan (APAR), palu pemecah kaca, prosedur evakuasi, kotak P3K, kondisi toilet, CCTV, pencahayaan, AC dengan suhu maksimal 27°C, fasilitas restorasi, rak bagasi, informasi audio-visual, serta tempat penyimpanan kursi roda.
Selain fasilitas di atas kereta, KAI Divre III Palembang juga memastikan kesiapan pelayanan di stasiun. Beberapa aspek yang diperiksa mencakup loket tiket, informasi ketersediaan tempat duduk, layanan pelanggan, ruang boarding, ruang tunggu, mushola, toilet, ruang laktasi, sistem pengumuman suara, peron, jalur evakuasi, serta tangga bancik untuk aksesibilitas.
KAI Divre III Palembang mengimbau masyarakat yang ingin menggunakan layanan kereta api untuk mudik Lebaran agar segera melakukan pemesanan tiket melalui aplikasi Access by KAI, website resmi www.kai.id, serta kanal penjualan resmi lainnya yang telah bekerja sama dengan KAI.
“Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan dengan tetap mengutamakan aspek keselamatan. Diharapkan moda transportasi kereta api menjadi pilihan utama bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik Lebaran tahun ini,” tutup Aida.
- KAI Beri Potongan Harga Tiket Hingga 50 Persen untuk Lima Kategori Penumpang, Ini Ketentuannya
- Pusdalopka KAI Jadi Garda Terdepan Atasi Gangguan Operasional Kereta Api
- KAI Divre III Palembang Catat 33 Perlintasan Liar, Giat Intensifkan Penutupan