PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional III Palembang berhasil mengamankan sebanyak 68 barang yang tertinggal di kereta api maupun stasiun sepanjang tahun 2024 melalui layanan Lost and Found.
- KAI Palembang Tingkatkan Kenyamanan Penumpang dengan Layanan Lost and Found
- KAI Palembang Catat Lonjakan Penumpang 30 Persen Selama Libur Panjang
- Penumpang Kereta Jarak Jauh di Sumsel Wajib Vaksin Booster, Cek Syarat Lengkapnya
Baca Juga
Barang-barang yang diamankan tersebut memiliki total nilai yang diperkirakan mencapai Rp131.143.000.
Manager Humas KAI Divre III Palembang, Aida Suryanti mengatakan, barang-barang yang ditemukan sangat beragam, mulai dari makanan, minuman, tumbler, charger, jam tangan, gadget, perhiasan, dokumen penting, hingga uang tunai.
“Dari total barang yang diamankan, semuanya telah dikembalikan kepada pemiliknya dalam kondisi utuh,” ujar Aida.
Layanan Lost and Found ini merupakan bagian dari upaya KAI dalam meningkatkan kenyamanan pelanggan serta menjaga keamanan barang bawaan mereka.
Aida menjelaskan layanan ini gratis dan terbuka bagi seluruh pelanggan yang merasa kehilangan barang selama perjalanan dengan kereta api atau saat berada di stasiun.
Pelanggan yang kehilangan barang dapat melaporkannya melalui Contact Center KAI 121 dengan berbagai metode, termasuk melalui nomor telepon 121, WhatsApp 08111-2111-121, email [email protected], atau akun media sosial resmi @KAI121.
Untuk memastikan barang yang ditemukan dapat segera dikembalikan, petugas KAI akan mengumumkannya melalui pengeras suara di stasiun.
Jika tidak ada yang mengklaim, barang tersebut akan disimpan di Pos Pengamanan dengan label khusus dan data lengkap yang dicatat dalam Database Lost and Found.
“Kami terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Namun, kami juga mengimbau agar pelanggan tetap berhati-hati dalam menjaga barang bawaannya selama berada di stasiun maupun dalam perjalanan. Sebab, tanggung jawab utama tetap berada pada pelanggan itu sendiri,” jelas Aida.
KAI berharap layanan Lost and Found ini dapat meningkatkan rasa aman serta kepercayaan pelanggan dalam menggunakan transportasi kereta api.
“Layanan Lost and Found ini sejalan dengan misi KAI untuk mewujudkan transportasi yang aman, nyaman, dan berkelanjutan. Dengan kehadiran layanan ini, KAI kembali menegaskan komitmennya dalam memberikan pengalaman perjalanan terbaik bagi seluruh pengguna jasa kereta api,” tutup Aida.
- KAI Beri Potongan Harga Tiket Hingga 50 Persen untuk Lima Kategori Penumpang, Ini Ketentuannya
- Pusdalopka KAI Jadi Garda Terdepan Atasi Gangguan Operasional Kereta Api
- KAI Divre III Palembang Catat 33 Perlintasan Liar, Giat Intensifkan Penutupan