PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu (S2JB) mengajak masyarakat untuk lebih bijak dalam mengelola pemakaian listrik agar tagihan dapat terkontrol dengan baik.
- Srikandi PLN UP3 Palembang Edukasi Generasi Muda Lewat PLN Mengajar
- Peringati Hari Kartini, PLN UP3 Palembang Berbagi Ilmu Ketenagalistrikan kepada Siswa
- Indonesia Timur Jadi Fokus Studi Potensi Hidrogen Hijau untuk Kapal ASDP
Baca Juga
Salah satu solusi yang dapat dimanfaatkan adalah fitur-fitur yang tersedia di aplikasi PLN Mobile. General Manager PLN UID S2JB, Adhi Herlambang, menjelaskan bahwa saat terjadi kenaikan tagihan listrik, pelanggan dapat dengan mudah memeriksa riwayat pemakaian listrik dan besaran tagihan melalui fitur Riwayat Penggunaan Listrik di aplikasi PLN Mobile.
Selain itu, untuk mengatur anggaran rumah tangga dan memperkirakan jumlah tagihan, masyarakat juga dapat menggunakan fitur Swacam (Swadaya Catat Meter) yang tersedia di aplikasi tersebut.
"PLN berkomitmen untuk selalu memberikan layanan yang transparan kepada pelanggan. Jika terjadi lonjakan tagihan, biasanya hal itu berkaitan langsung dengan perubahan pola pemakaian listrik, terutama pada penggunaan alat elektronik seperti AC, pemanas air, oven, atau peralatan rumah tangga lainnya," kata Adhi dalam pernyataannya.
Ia juga menambahkan bahwa tarif listrik tidak mengalami kenaikan untuk periode Januari hingga Maret 2025. Adhi mengungkapkan, melalui fitur Swacam, pelanggan dapat mencatat angka kWh meter secara mandiri dan mendapatkan estimasi tagihan listrik pada akhir bulan.
Fitur ini sangat bermanfaat untuk memantau pemakaian listrik secara real-time dan membantu pelanggan untuk menghindari kejutan saat menerima tagihan.
Selain itu, untuk menghemat penggunaan listrik, PLN mendorong masyarakat untuk melakukan upaya sederhana seperti mematikan peralatan listrik yang tidak digunakan dan memilih peralatan listrik berlabel hemat energi.
"Dengan menggunakan aplikasi PLN Mobile, pelanggan dapat lebih bijak dan nyaman dalam menggunakan listrik, sekaligus menjaga agar tagihan tetap terkendali," tambah Adhi.
Untuk informasi lebih lanjut, masyarakat dapat mengunduh aplikasi PLN Mobile melalui Google Play Store atau App Store, serta menghubungi layanan pelanggan PLN melalui aplikasi atau Contact Center PLN 123.
- Srikandi PLN UP3 Palembang Edukasi Generasi Muda Lewat PLN Mengajar
- Peringati Hari Kartini, PLN UP3 Palembang Berbagi Ilmu Ketenagalistrikan kepada Siswa
- Indonesia Timur Jadi Fokus Studi Potensi Hidrogen Hijau untuk Kapal ASDP