Untuk meningkatkan kualitas layanan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan meluncurkan program “BPJS Satu”, yaitu petugas yang ditempatkan di setiap fasilitas kesehatan, khususnya rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.
- Cegah Penyakit Kronis BPJS Hadirkan Layanan Skrining Riwayat Kesehatan di JKN Mobile
- BPJS Kesehatan dan Kejaksaan OKI Berkolaborasi Pastikan Kepatuhan Badan Usaha
- Pantau Layanan di RS Siti Khodijah, BPJS Kesehatan Tekankan Integrasi Digital
Baca Juga
Petugas BPJS Satu ini bertugas untuk memastikan pelayanan yang lebih baik dan memberikan bantuan langsung kepada peserta JKN yang membutuhkan.
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palembang, Edy Surlis, menjelaskan bahwa petugas BPJS Satu berperan sebagai agen mutu layanan yang dapat membantu meningkatkan kualitas layanan di fasilitas kesehatan.
Mereka bertugas untuk menindaklanjuti informasi dan pengaduan yang diterima dari peserta, dengan harapan dapat memberikan umpan balik yang bermanfaat bagi BPJS Kesehatan dan fasilitas kesehatan untuk meningkatkan mutu pelayanan.
“Salah satu tugas mereka adalah tindak lanjut informasi dan pengaduan di fasilitas kesehatan. Harapannya dari informasi ataupun pengaduan yang kami terima dapat menjadi feedback atau umpan balik baik bagi kami maupun fasilitas kesehatan untuk meningkatkan mutu layanan kepada peserta JKN,” kata Edy dalam konferensi pers Senin (4/2/2025).
Edy juga menambahkan bahwa informasi mengenai nomor kontak petugas BPJS Satu dapat ditemukan di poster yang dipasang di berbagai lokasi yang mudah dijangkau peserta di fasilitas kesehatan. Selain itu, nomor kontak petugas rumah sakit yang ditunjuk juga turut dicantumkan, untuk memudahkan proses eskalasi informasi atau pengaduan.
Selain menindaklanjuti pengaduan dan informasi, petugas BPJS Satu juga melakukan kegiatan *Customer Visit* dengan mengunjungi peserta yang sedang menjalani rawat jalan atau rawat inap. Kunjungan ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman berobat peserta JKN dan memastikan layanan yang diterima sesuai dengan harapan.
Kristela, salah satu petugas rumah sakit yang ditunjuk sebagai petugas pemberian informasi dan penanganan pengaduan (PIPP RS), mengungkapkan bahwa kehadiran petugas BPJS Satu sangat membantu dalam memberikan pelayanan yang lebih baik.
“Saya sebagai petugas PIPP RS merasa sangat terbantu dengan mereka. Petugas BPJS Satu sangat responsif, bahkan di luar jam dinas sekalipun mereka tetap bisa dihubungi,” ujar Kristela.
Ia berharap sinergi antara petugas BPJS Satu dan fasilitas kesehatan semakin solid untuk meningkatkan layanan kepada peserta.
Dina, petugas PIPP RS lainnya, juga merasakan manfaat yang besar dari keberadaan petugas BPJS Satu.
“Saya sangat terbantu bisa berkoordinasi dengan petugas BPJS Satu. Komunikasi yang terjalin juga lancar, tanpa terkendala hambatan,” ungkapnya.
Peserta JKN juga merasakan manfaat dari keberadaan petugas BPJS Satu. Ani, salah satu peserta JKN yang rutin berobat, mengungkapkan bahwa petugas BPJS Satu sangat membantu dalam mengakses layanan kesehatan, terutama bagi peserta yang kurang familiar dengan teknologi.
“Sekarang semuanya serba online dan pakai handphone. Mau berobat pun sudah diarahkan untuk akses secara online. Kami yang orang tua banyak tidak mengerti. Untungnya ada petugas BPJS Satu. Jadi jika ada kendala di Aplikasi Mobile JKN, kami bisa langsung menemui mereka,” kata Ani.
Ani berharap agar petugas BPJS Satu terus memberikan bantuan kepada peserta JKN, terutama dalam memberikan edukasi mengenai hak dan kewajiban serta alur layanan yang benar.
“Setiap kami menemui kendala, pasti selesai setelah lapor ke mereka. Mereka juga memberikan edukasi kepada kami seputar hak dan kewajiban serta alur layanan sebagai peserta JKN. Semoga petugas BPJS Satu tetap terus membantu kami,” tutup Ani.
- Ketua Dewas BPJS Kesehatan Sidak RSMH Palembang, Soroti Kualitas Layanan dan Efektivitas Program JKN
- BPJS Kesehatan Jamin Akses Layanan Kesehatan untuk Peserta Selama Libur Lebaran
- Kisah Inspiratif Siti Darminah, Bukti Nyata Manfaat JKN bagi Masyarakat