AXIS, sebuah produk layanan telekomunikasi dari XL Axiata, anak perusahaan dari Axiata, jalin kerja sama dengan MoEngage. Tujuan kerja sama ini untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dengan mendorong demografis anak muda untuk mulai menggunakan aplikasi AXISNet dan penawaran yang tersedia.
Misalnya pemilihan paket yang dapat pengguna sesuaikan dengan keinginannya. Sebagai bagian dari kolaborasi ini, AXIS menggunakan MoEngage untuk membentuk kampanye konversi dan mendorong aktivitas yang lebih baik di antara pengguna aplikasi.
Hal ini membantu AXIS mengurangi ketergantungannya kepada tim teknologi. Industri telekomunikasi Indonesia merupakan salah satu yang paling cepat berkembang di Asia, dengan nilai pasar sebesar USD 7,11 miliar.
Penggunaan broadband seluler maupun berbasis kabel semuanya merupakan bagian dari industri ini serta adanya perkembangan bisnis telekomunikasi di tanah air dan adaptasi dengan cepat seiring dengan pergeseran pelanggan ke era digital.
Target demografis utama AXIS dalam menawarkan aplikasi terintegrasi bernama AXISNet adalah Milenial dan Generasi Z. Di mana saat ini mereka mengkonsumsi banyak paket data namun tidak begitu tertarik untuk menggunakan aplikasi AXISNet dan beragam layanan yang mereka tawarkan.
Dengan fokus yang kuat pada pertumbuhan penggunaan aplikasi seluler, terutama di antara target demografis tersebut, AXIS memprioritaskan keterlibatan dan konversi konsumen melalui aplikasi. Hal inilah yang coba diselesaikan oleh AXIS melalui kemitraan dan kolaborasi dengan MoEngage.
"Kami membutuhkan keahlian MoEngage dalam keterlibatan berbasis wawasan untuk membuat kampanye konversi yang lebih baik yang akan menghasilkan lebih banyak pengguna aktif di seluruh aplikasi, serta mendapatkan profil pelanggan secara 360 derajat untuk memahami preferensi dan afinitas, sehingga dapat mengurangi ketergantungan kami terhadap tim teknologi," kata Reza Mirza, Head Product and Design Services, XL Axiata.
"Tujuan bisnis kami adalah untuk mendorong adopsi aplikasi seluler, meningkatkan rasio klik-tayang dan konversi kampanye push, yang pada akhirnya meningkatkan keterlibatan aplikasi. Dari hal tersebut, kami ingin menurunkan churn dan meningkatkan retensi. Kami juga berharap dapat meningkatkan jumlah pengguna aplikasi aktif dengan dukungan MoEngage," tambahnya.
Sebelum AXIS berkolaborasi dengan MoEngage, tim AXIS mengandalkan Firebase Cloud Messaging (FCM), layanan pengiriman Push Notification dari Google. Sebagai akibat dari perangkat yang terputus dari FCM, sebagian besar notifikasi push AXIS tidak cukup diperhatikan, menghasilkan interaksi dan lifetime value (LTV) yang buruk.
Dengan memanfaatkan platform MoEngage, AXIS saat ini telah menjangkau lebih dari 10 juta pelanggan yang menggunakan Aplikasi AXISnet. Mereka telah mampu membuat 39 juta tayangan dan mempengaruhi 12 juta konversi melalui pop-up di dalam aplikasi. AXIS mampu mengirimkan 500+ juta notifikasi setiap bulannya, menghasilkan 223 juta pembukaan aplikasi dan mempengaruhi 67 juta konversi.
Pada bulan Desember tahun lalu, Push Amplification menghasilkan peningkatan 17,3 persen dalam pengiriman push. Selain itu, monthly average user (MAU) meningkat sebesar 89,5 persen dalam waktu kurang dari setahun (dari April hingga Desember 2021), dibandingkan dengan perkiraan di angka 88 persen.
"Di MoEngage, kami berkomitmen untuk membantu brand seperti AXIS agar tetap berada di puncak tujuan keterlibatan pelanggan mereka melalui platform tangguh yang menawarkan skala tak tertandingi. Kami sangat bangga dapat bermitra dengan AXIS dan berharap dapat membantu mereka mencapai keterlibatan terbaik di kelasnya dan membawa hubungan pelanggan ke tingkat yang lebih tinggi," ucap Divya Jagwani, Associate Director, Enterprise Sales, MoEngage Inc.
Seperti diketahui, MoEngage adalah sebuah wawasan -platform keterlibatan pelanggan yang dipimpin, dipercaya oleh lebih dari 1000 merek konsumen global seperti Ally Financial, McAfee, Flipkart, Domino's, Nestle, Deutsche Telekom, Travelodge, dan banyak lagi.
MoEngage memberdayakan pemasar dan pemilik produk dengan wawasan tentang perilaku pelanggan dan kemampuan untuk bertindak berdasarkan wawasan tersebut untuk melibatkan pelanggan di seluruh web, seluler, email, sosial, dan saluran perpesanan. Merek konsumen di 35 negara menggunakan MoEngage untuk mendukung pengalaman digital bagi lebih dari 900 juta pengguna setiap bulan. Dengan kantor di sembilan negara, MoEngage didukung oleh Steadview Capital, Multiples Private Equity, Eight Roads, F-Prime Capital, Matrix Partners, Ventureast, dan Helion Ventures.