Baru 29 Peserta Lulus Ujian SIM Gratis, Warga Mampu Diminta Tidak Daftar

Baru 29 Peserta Lulus Ujian SIM Gratis, Warga Mampu Diminta Tidak Daftar

Pelaksanaan Pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) Gratis dilaksanakan Satuan Lalulintas Polres Muara Enim tanggal 14-21 September 2020. Disediakan kuota sebanyak 130 orang, tapi baru 29 yang lulus dan mendapatkan SIM.


DikataKan Kasat Lantas Polres Muara Enim AKP Feby Febryana, pada hari pertama pelakanaan, ada 33 orang yang mendaftar. Pada hari ke dua dan ketiga masing masing 48 dan 53 orang dengan total hingga Rabu (16/09/2020) sudah sebanyak 134 orang.

“Namun dari keseluruhan pendaftar sebanyak 134 itu, hanya 29 orang saja yang berhasil lulus ujian teori dan praktik di lapangan. Jadi masih banyak yang belum berhasil,” ujarnya, Jumat (18/09/2020).

Tapi sayang, lanjut Kasat Lantas yang mendapat promosi jabatan sebagai Kabagops Polres Musi Rawas ini bahwa masih banyak masyarakat yang tidak semestinya pantas menggunakan kesempatan ini.

“Kemarin saya mendapat laporan bahwa ada Pegawai Swasta dan bahkan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang ikut mendaftar dengan melampirkan surat miskin sebagai syarat utamanya,” tambah Feby.

Ditambahkannya, seharusnya masyarakat yang mampu tidak harus menggunakan kesempatan ini.

“Sayang bagi mereka yang seharusnya mendapat kesempatan seperti tukang ojek. Mereka malah kehilangan kesempatan. Apalagi kemarin ada rekan wartawan juga yang meminta dibantu untuk pembuatan SIM ini,” terangnya.

Bagi masyarakat yang gagal, lanjut Feby, pada kesempatan pertama khususnya yang ikut di hari pertama pelaksanaan SIM gratis, mereka masih bisa mengukang pada minggu depannya.

“Karena hari terakhir pelaksanaan adalah hari senin depan. Dan dalam aturannya, bagi pemohon yang gagal silakan mengulang kembali pada minggu depan,” tukasnya.

Selain pemberian kesempatan mendapatkan SIM gratis yang merupakan bagian kegiatan perayaan HUT lalulintas, Satlantas Polres Muara Enim juga melaksanakan bakti sosial dengan membagikan sembako kepada masyarakat yang kurang mampu serta menbagikan masker juga hand saniteiser kepada masyarakat di wilayah Muara Enim.[ida]