Kacau! Parade Kapal Kampanye Trump Gagal Total

Belum jelas, apakah ada sabotase. Yang terjadi adalah parade kapal untuk mendukung kampanye Calon Presiden Donald Trump di Texas, Amerika Serikat (AS), berakhir kacau. Karena sejumlah kapal mengalami kendala mulai dari bocor hingga tenggelam.


Pihak berwenang di Travis County, tempat parade digelar, mengungkap ada beberapa panggilan terkait dengan insiden kapal selama parade Trump di Danau Travis.

"Beberapa kapal memang tenggelam," cuit Kantor Sherrif Travis County dalam akun Twitter-nya pada Sabtu (5/9/2020) seperti dilansir AFP.

Juru Bicara Kantor Sheriff Kristen Dark mengatakan, tidak ada bukti terjadinya pelanggaran. Selain itu, tidak ada korban cedera atau keadaan darurat medis lainnya dalam insiden tersebut.

"Beberapa bocor, beberapa terhenti, beberapa terbalik. Itu semua berbeda," ujar Dark.

Dari sejumlah foto dan video yang tersebar di media sosial terlihat banyak kapal mengibarkan bendera kampanye Trump 2020 di Danau Travis. Terdengar jeritan ketika beberapa kapal mulai tenggelam sementara pihak berwenang dan penyelenggara berusaha untuk menyelamatkan mereka.

Tenggelamnya beberapa kapal kemungkinan disebabkan karena sejumlah besar kapal bergerak berdekatan yang menyebabkan tabrakan dan lain sebagainya.

"Ada banyak sekali kapal di danau itu hari ini," terang Dark.

Ia mengatakan, saat ini pihak berwenang masih mengumpulkan data jumlah kapal yang tenggelam dan berapa banyak orang yang diselamatkan.

Berdasarkan data di Facebook, ada lebih dari 2.500 yang menandai diri mereka sebagai partisipan Lake Travis Trump Boat Parade. Parade tersebut hanya memiliki jarak 3 hingga 5 km dan kapal diharuskan untuk memasang kecepatan 16 km per jam.

Parade yang digelar selama liburan akhir pekan Hari Buruh Nasional tersebut juga menampilkan empat penerjun payung yang melompat keluar dari helikopter dengan asap dan bendera.[ida]