Gubernur Izinkan PT BCI Dirikan Pabrik Gula di Sumsel

PT Brisbane Company Investment (BCI) ingin mendirikan Pabrik Gula di Provinsi Sumaterana Selatan. Gubernur H Herman Deru menyambut baik rencana tersebut, sehingga diharapkan Provinsi Sumsel bakal segera memiliki empat pabrik gula.


"Jika ini jadi, maka Sumsel akan punya 4 pabrik gula. Sebelumnya, Sumsel sudah ada 3 pabrik gula dengan luas tak tanggung-tanggung yaitu 60.000 ribu hektar. Kalau ini jadi maka Sumsel memiliki 80.000 ribu hektar,"katanya saat menerima Direktur Utama PT BCI Rusydi bersama di Ruang Tamu Gubernur Sumsel, Senin (15/6/2020).

Setelah pengalamannya saat dirinya menjadi Bupati OKU Timur, maka perizinan pendirian khususnya pabrik gula ini sangat dipahaminya. Oleh karena itu, HD mengingatkan bahwa salah satu persoalan berat dalam mendirikan Pabrik Gula ini adalah lahan. Maka dia berharap PT BCI untuk memikirkan matang-matang jika tebu ini mau di tanam di lahan basah atau lahan yang kering.

"Ketika PT BCI bekerjsama dengan PDPDE maka ini sangat bagus namun saya harap BCI untuk mematangkan lahan. Jadi kuncinya dilahan kemudian barula Sumber Daya Manusia (SDM). Kalau persoalan lahan sudah clear maka 70 persen itu sudah selesai dan berjalan. Saya sambut baik kehadiran PT. BCI yang ingin membuka Pabrik Gula di Sumsel. Namun Jangan lupa untuk menganalisa dampak lingkungannya juga,"ungkapnya.

Sementara itu, Dirut PT BCI Rusydi mengucapkan terima kasih atas sambutan yang baik dari Gubernur Sumsel Herman Deru dan dukungannya untuk pendirian Pabrik Gula. Dia menuturkan rencana pendirian Pabrik Gula tersebut berlokasi di Kecamatan Sungai Rotan Kabupaten Muara Enim. [ida]