Inilah Pempek Kentang, Penganan Lezat-Sehat dan Aman..

Kota Palembang sudah terkenal sejak dulu sebagai destinasi wisata menarik bagi para traveller, salah satunya adalah jembatan Ampera di Sungai Musi. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati berbagai kuliner khas yang menjadi andalan Kota Palembang ini.


Salah satu kuliner Palembang yang sudah terkenal di Indonesia bahkan telah tembus mancanegara adalah Pempek.

Nah di zaman modern saat ini, pempek sendiri telah ditawarkan dalam banyak varian rasa. Tidak lagi sebatas Pempek Kapal Selam, Pempek Lenggang atau Pempek Adaan. Ada berbagai pempek dengan citarasa baru. Untuk menarik perhatian pecinta kuliner, para pengusaha menawarkan pempek yang dikombinasi dengan bahan lain.

Secara konvensional, pempek identik dengan ikan dan tepung. Tapi kali ini tepung sebagai bahan utama membuat pempek diganti dengan kentang. Iya, namanya Pempek Kentang dan pertama ada di Bumi Sriwijaya ini.

Pasti kalian penasaran kan. Apa sih yang membedakan pempek pada umumnya dengan pempek kentang.? Yuk kita cari tahu proses membuatnya dan kita cicip juga rasanya.

Saat ditemui di lokasi, owner Pempek Kentang 1NDAH, yakni Indah Pratiwi mengatakan, pempek inovasinya itu berbahan dasar ikan sama seperti pempek pada umumnya. Namun, pempek satu ini dibuat tanpa menggunakan tepung melainkan dengan kentang.

“Kan biasanya orang-orang kalau bikin pempek pakai tepung tapioka. Nah, pempek ini tanpa tepung, tapi kita ganti pakai kentang,” ujarnya, Minggu (20/9).

Pempek tersebut bisa dijumpai tak jauh dari pusat kota. Lokasinya berada di Jalan HBR Moetik, Nomor 2214, Kecamatan Sukarami, Kota Palembang.

Dikatakan Indah, awal mula membuat pempek kentang, karena ia ingin berbeda dengan pempek umumnya. Dan juga bagi anak-anak yang tidak suka makan kentang, bisa idekan dengan membuat pempek ini. Sehingga anak pun suka makannya.

Untuk rasa pun Indah sangat menjamin, karena pempek kentang lebih kenyal, ikan lebih terasa dan aman untuk anak.

"Kalau pakai kentang, lebih lembut dan kenyal serta ikannya lebih terasa dan aman. Anak pun bisa memakan pempek kentang," terang wanita berhijab ini.

Ia sendiri telah membuat pempek kentang sejak tahun 2010. Untuk pembelinya pun tidak hanya dalam kota saja, ia pun pernah mendapat orderan pempek kentang sampai ke Papua.

"Pempek ini paling tahan selama tiga hari. Jadi kalau ada order yang jauh prozen (beku) dulu, sehingga pempeknya masih fresh," tuturnya.

Namun pada saat Weekend, Indah bekerjasama dengan pihak catering. Sehingga pempek kentangnya yang ia buat lebih banyak lagi.

Dalam sehari, kini ia bisa memproduksi pempek kentang kreasinya hingga 2.000 pempek. Harganya pun terjangkau yakni dibanderol Rp 4.000 per pempek.

“Tapi, kalau mau lebih hemat kita juga menyediakan yang paket. Satu paketnya itu Rp 100 ribu isinya 30 pempek,” ungkap dia.

Bagi kalian yang ingin mencoba pempek kentang ini bisa mengorder melalui Instagram di @pempek1ndah atau bisa hubungi ke nomor Hp nya 082176655600.

Bagi kalian yang ingin membuat pempek kentang sendiri untuk dinikmati bersama keluarga, ini resep dan cara membuatnya.

Resep Pempek Kentang ala Indah:

Bahan:

  • Kentang
  • Ikan tenggiri super giling
  • Bawang merah
  • Bawang putih
  • Kuning telur
  • Garam
  • Gula

Cara membuat:

  • Haluskan kentang terlebih dahulu dengan cara diblender ditambah satu butir telur
  • Masukkan kentang yang sudah dihaluskan tersebut ke dalam bahan ikan tenggiri, aduk hingga rata. Lalu uleni hingga kalis kurang lebih 20 menit
  • Setelah itu bisa dibentuk sesuai selera masing-masing. Mau bentuk adaan, lonjong ataupun pakai telur untuk isiannya
  • Selanjutnya rebus air hingga mendidih, lalu rebus di dalam air tersebut
  • Kalau sudah mengapung, angkat pempek dan siap kita goreng serta dinikmati dengan cuko atau kuah cuka.

"Tidak sulit kok membuatnya, dan selamat mencoba yah," tukasnya.[ida]