Kapolres Pagaralam AKBP Dolly Gumara SIK MH / rmolsumsel
Kapolres Pagaralam AKBP Dolly Gumara SIK MH / rmolsumsel

. Penyelenggara kegiatan wajib mendapat persetujuan (rekomendasi) dari Gugus Tugas corona virus desease-2019 (Covid-19) Pagaralam dan aparat pemerintah seperti Kelurahan/Camat.

Jika tidak, akan mendapat sanksi administratif seperti pasal 22 ayat 2 sesuai dengan peraturan walikota (Perwako) nomor 30 tahun 2020 tentang adaptasi kebiasaan baru menuju masyarakat produktif dan aman pada situasi covid-19. Hal ini di tegaskan oleh Kapolres Pagaralam AKBP Dolly Gumara SIK MH, Senin (13/09/2020).

Kapolres Pagaralam AKBP Dolly Gumara SIK MH mengatakan, Ini aturan hukum penegakan disiplin protokol covid 19 di Pagaralam. Direncanakan besok akan dilaksanakan operasi yustisi menegakkan aturan Walikota.

“Pelaksana terdepan penegakan aturan protokol kesehatan adalah Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol Pp),  dinas perhubunga & dinas penanaman modal pelayanan terpadu satu pintu serta didampingi oleh Kepolisian seperti tertuang di pasal 22 Perwako No. 30 Th. 2020,” kata dia.

Dikatakan Dolly, Kalau ada orang yang melawan petugas Satpol PP yang bekerja menegakkan aturan Protokol Kesehatan tentunya akan dikenakan Pasal 212 KUHP dan itu ranah polisi.

“Untuk itu demi kelancaran dan keamanan giat penegakan aturan Covid-19 yang dilaksanakan Satpol PP dan instansi terkait Pemkot Pagaralam, maka Polres akan melakukan pendampingan baik diminta atau tidak diminta,” paparnya.

Dolly menuturkan, Karena secara aturan memang tercantum dalam pasal tersebut. Akan tetapi menurut kami sebelum keluarnya ijin keramaian dari Kepolisian maka pihak yang penyelenggara giat wajib mendapat persetujuan (rekomendasi) dulu dari Gugus Tugas Covid 19 Pagaralam dan dari aparat pemerintah seperti Kelurahan/Camat.

“Bila itu tidak ada rekomendasi tersebut, mohon maaf, kami tidak bisa mengeluarkan surat ijin keramaian, jadi bagi penyelengara kegiatan, badan hukum perorangan akan mendapat sanksi administratif seperti pasal 22 ayat 2 sesuai Perwako nomor 30 tahun 2020,” tutupnya.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here