Kepala Balai Besar Besar Jalan Nasional (BBJN) Wilayah V Kgs Syaiful Anwar  mengatakan, pihaknya sudah menandatangani Proyek APBU (kerjasama antara pemerintah dan badan usaha) untuk perbaikan jalan sepanjang 29 kilometer di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Jalan dimaksud mulai dari Perbatasan Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir (OI),  hingga Jalan Yusuf Singadekane – Jalan Soekarno Hatta – Alang Alang Lebar (AAL), Kota Palembang.

“Ada perbaikan 14 jembatan Rp900 miliar lebih, itu pola kerjasama di mana badan usahanya sudah kontrak dengan kita tiga tahun. Dia kerja dulu nanti, mulai tahun keempat sampai tahun ke-15 itu layanan pemeliharaannya. Kita  bayar mulai tahun keempat nanti,” kata Kgs Syaiful Anwar, Jumat (11/9/2020).

Lebih lanjut Syaiful menjelaskan, proyek perbaikan jalan tersebut selama tiga tahun pertama dikerjakan swasta, yang pemenang tendernya adalah PT Jalintim Adi Abipraya (konsorsium PT Adi Karya dan PT Adi Abipraya).

“Sudah dimulai. Nanti sepanjang jalan itu dibikin dua jalur, rencana kantor Walikota juga akan pindah kesana, itu jalannya sudah disiapkan,” bebernya.

Selain itu menurut Syaiful, ada dua unit fasilitas penimbangan berat kendaraan UPPKB yaitu satu di Betung (Km 12) dan di Jalan Yusuf Singadekane yang akan dilengkapi dengan gudang dan fasilitas lainnya.

“Barang-barang overload akan diturunkan dan tidak dimasukkan dalam gudang dan akan diangkat dengan kendaraan sesuai beban,” katanya.

Ditambahkannya, Kota Palembang akan menjadi pilot proyek Kementerian PU PR pertama, dibangunnya Jembatan Penimbangan.

“Di Jembatan Penimbangan ini ada unsur dari pihak swasta dan unsur Perhubungan, jika overloading dibebaskan, dia memeliharanya harus 15 tahun, tentu akan rugi sendiri, kita harap Jalintim bebas kendaraan overload,” pungkasnya.[ida]

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here