Hebat! Pagaralam Bangun Rumah Produksi Kopi

Melalui Program Kota tanpa Kumuh (KOTAKU), Pagaralam bakal miliki Rumah Produksi Kopi dan 10 Unit Solar Dry (Tempat pengering kopi) di Kelurahan Candi Jaya, Kecamatan Dempo Tengah, Kota Pagaralam.


Pantauan RMOLSumsel.id di lapangan, Selasa (8/9/2020), BPM senilai 1 Rp 1 miliar tersebut secara simbolis diserahkan okeh Kepala Prasarana Permukiman Wilayah Sumsel Rahmat Iriawan Kepada Walikota Pagar Alam Alpian Maskoni, yang kemudian diserahkan langsung ke LKM Maju Bersama Candi Jaya.

Pembangunan Rumah Produksi Kopi ini ditandai dengan peletakan batu pertama. Rahmat Iriawan mengatakan, Pagaralam merupakan salah satu di antara tiga kompetitor di Provinsi Sumatera Selatan. Yang lainnya adalah Kota Palembang dan Kota Lubuk Linggau.

"Di Linggau ada Rumah Produksi Jengkol sedangkan Palembang Rumah Produksi Songket," katanya.

Semenatara itu Ketua KSM Maju Bersama Niwayan Yuli menambahkan, Dengan dana Rp 1 miliar ini akan dibangun satu unit Rumah Produksi, 10 Unit Solar Dry, Drainase dan Tembok Penahan. Hal ini tidak lepas dari potensi yang ada di Kelurahan Candi Jaya.

"Dengan adanya rumah produksi ini, kami berharap dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya Kelurahan Candi Jaya," ujarnya

Sementara itu Walikota menuturkan, Pemkot Pagaralam menyambut baik program ini dan mendukung sepenuhnya pembangunan rumah produksi tersebut.

"Sebagai bentuk dukungan tersebut melalui APBDP Tahun 2020, Pemkot akan melengkapi Rumah Produksi Kopo ini dengan satu unit Mesin Roasting kapasitas 3 Kg, satu unit Mesin Pengemas Produk, dua unit Mesin Pulper, satu unit Mesin Giling Kopi (greanbean) satu unit mesin giling kopi listrik (grander) dan satu unit genset, semoga dengan adanya rumah produksi ini dapat menampung kesejahteraan KSM dan menjadi rujukan agrowisata di Pagaralam," tutupnya.[ida]