Sebanyak 11 mahasiswa baru di Northeastern University, Boston, Negara Bagian Massachusetts diskorsing selama satu semester. Mereka kedapatan melanggar protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan di Northeastern University Madeleine Estabrook mengatakan, mereka yang diberhentikan sementara karena tidak mematuhi aturan seperti memakai masker, menghindari pesta dan pertemuan lainnya, mempraktikkan jarak sosial, mencuci tangan, dan melakukan tes.

“Kerja sama dan kepatuhan terhadap pedoman kesehatan masyarakat sangat penting. Orang-orang yang tidak mengikuti pedoman membuat semua orang berada dalam risiko,” ujar Estabrook dalam laman resmi universitas yang dikutip Sputnik, Minggu (6/9/2020).

Sebelumnya, para mahasiswa tersebut kedapatan bertemu di sebuah kamar di Hotel Westin yang menampung mahasiswa di Boston pada Rabu malam (2/9). Hotel tersebut berjarak kurang dari satu mil dari kampus Northeastern University.

Pihak kampus sendiri telah mengumumkan aturan protokol kesehatan di mana terdapat larangan pertemuan ramai di tengah pandemi Covid-19.

“Tes negatif untuk Covid-19 saja tidak cukup,” tekan Estabrook.

Menindaklanjuti aksi para mahasiswa, pihak kampus kemudian memanggil wali mereka dan memberikan hukuman. Hukuman tersebut adalah memberhentikan para mahasiswa dari seluruh semester musim gugur pada 2020 dan tidak mengembalikan biayanya yang sebesar 36.500 dolar AS.

Sebelum meninggalkan Hotel Westin, mereka juga harus menjalani tes Covid-19. Sejauh ini, data dari departemen kesehatan masyarakat negara bagian menunjukkan, Massachusetts memiliki total lebih dari 120 ribu kasus Covid-19 dengan lebih dari 8.900 kematian.[ida]

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here