Walau Parpol Diborong, Jalur Perseorangan Lewat, KPU OKU Tetap Buka Pendaftaran

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) bisa jadi hanya akan diikuti oleh satu pasangan calon (paslon).


Oleh sebab, semua partai politik (parpol) yang memiliki kursi di DPRD OKU sudah bulat mengusung paslon petahana (H. Kuryana Azis - Johan Anuar). Sehingga tidak tersisa lagi kendaraan politik bagi bakal calon (balon) lainnya. Sedangkan untuk jalur perseorangan (independent), tahapannya sudah lama ditutup.

Meski besar kemungkinan Pilkada OKU diikuti satu paslon, namun KPU OKU masih tetap akan membuka pendaftaran sesuai aturan PKPU mulai dari tanggal 4-6 September 2020.

"Sesuai tahapan, kita tetap akan membuka pendaftaran bagi balon bupati-wabup sampai tanggal 6 September 2020," ujar Ketua KPU OKU, Naning Wijaya, seusai pembukaan pendaftaran cabup-cawabup OKU di Ball Room Hotel Bukit Indah Lestari Baturaja Jumat (4/9/2020).

Lebih jauh dijelaskan, bahwa seluruh B1. KWK yang didaftarkan ke KPU Kabupaten OKU, mengusung satu pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati atas nama H. Kuryana Azis – Johan Anuar (BEKERJA).

Dengan alasan-alasan diatas, pasangan BEKERJA ini dipastikan menjadi pendaftar pertama dan terakhir di Pilkada OKU 2020.

Pada pendaftaran tadi pagi itu, Kuryana dan Johan tiba di tempat pendaftaran di Ball Room Hotel Bukit Indah Lestari Baturaja pukul 06.20 wib, didampingi 11 parpol pengusung yang diwakili Ketua dan Sekretaris nasing-masing.

Berkas mereka diterima Ketua KPU OKU Naning Wijaya, beserta segenap komisioner KPU OKU (Jaka Irhamka, Yudi Risandi, Donny Mardiyanto dan Rahmad Hidayat).

Hadir pula, Ketua Bawaslu OKU Dewantara Jaya SP dan anggota Bawaslu. Ketua Tim Pemenangan paslon Kuryana-Johan, Drs H Suprijadi Djazid MM.

Selanjutnya paslon Kuryana-Johan menyampaikan dokumen berkas pencalonan kepada KPU OKU  yang langsung diperiksa oleh komisioner KPU. Sekitar pukul  09.40 pemeriksaan kelengkapan dokumen paslon baru selesai.

Dilanjutkan dengan penyerahan bukti dokumen dan penyerahan surat pengantar tes kesehatan kepada paslon disaksikan Ketua Bawaslu OKU dan anggota.

Di kesempatan itu Kuryana Azis didampingi Johan Anuar, mengucapkan terima kasih kepada partai pengusung.

"Sudah banyak capaian kerja dan prestasi yang diraih dalam lima tahun terakhir, namun masih banyak PR yang belum tuntas demi kesejahtaran masyarakat OKU. Untuk itu izinkan kami untuk meneruskan pengabdian di kabupaten OKU ini," kata Kuryana.

Ketua KPU OKU Naning Wijaya, menegaskan bahwa berkas syarat pencalonan dan calon pasangan BEKERJA sudah lengkap.