Beri Penghormatan kepada Para Pahlawan, Gubernur Ikuti Renungan Suci

Dalam rangka memperingati HUTRI Ke-75 Republik Indonesia serta menghormati jasa para pahlawan, Senin (17/8) dini hari digelar Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Ksetra Siguntang Palembang.


Apel Kehormatan dan Renungan Suci ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan dini hari tanggal 17 Agustus, sebagai bentuk penghargaan kepada para pahlawan yang telah gugur dalam membela tanah air untuk meraih kemerdekaan bangsa Indonesia.

Tepat pukul 24.00 WIB, Apel dan Renungan Suci dipimpin langsung oleh Panglima Kodam II/Sriwijaya Mayjend TNI, Agus Suhardi. Dihadiri Gubernur Sumsel H. Herman Deru, Kapolda Sumsel, Ketua DPRD Sumsel, Kajati Sumsel serta tamu undangan lainnya.

Upacara yang berlangsung sekitar 15 menit ini berlangsung khidmat diawali dengan pembacaan naskah apel kehormatan dan renungan suci oleh Inspektur upacara. Suasana semakin sakral saat lampu dimatikan dan obor dinyalakan.

"Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan saudara-saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagian negara dan bangsa. Dan berjanji perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian yang saudara tempu adalah jalan bagi kami juga. Kami berdoa semoga arwa saudara-saudara diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa,"kata Pangdam Agus Suhardi.[ida]