Ada tantangan menarik dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Bahwa BPK menyelenggarakan Festival Untuk Negeri (FUN), yang pesertanya terdiri dari para peljar dan mahasiswa.

FUN ini mengusung tema ‘Akuntabilitas untuk SEMUA’ atau ‘Accountability for ALL’ digelar sepanjang Agustus hingga Desember 2020. Rangkaian perlombaan dalam FUN yakni Cerdas Cermat Online, Bibliobattle, Lomba Konten Medsos dan Lomba Karya Video BPK-RI.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi dan edukasi atas nilai akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan negara serta membangun komunikasi secara efektif dengan para pemangku kepentingan BPK.

“Lomba Cerdas Cermat Online ini adalah Pilihan Inovasi yang ditawarkan oleh BPK untuk memperkaya Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ). Di samping itu, menjadi bentuk sosialisasi pengenalan tugas dan fungsi BPK serta nilai akuntabilitas dalam kemasan yang FUN (menyenangkan),” kata Hardini Lestiani Hernusa, Kasubbag Hubungan Lembaga Nonpemerintah- Biro Hubungan Masyarakat dan Kerja Sama Internasional, BPK RI seperti dikutip JPNN.com, Minggu (16/8/2020).

Cerdas Cermat Online yang akan dilaksanakan secara virtual pada tangga 18-19 Agustus 2020. Baca Juga: Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar MPR Meriah, Dihadiri Banyak Pejabat termasuk Wapres Target peserta yang diharapkan ikut dalam kompetisi ini sebanyak 1.000 peserta untuk tingkat SMA maupun tingkat perguruan tinggi semua jurusan.

“Ruang lingkup pertanyaan adalah wawasan kebangsaan, wawasak ke-BPK-an dan isu berita terkini,” ujar Handini.

Setelah Cerdas Cermat Online akan dilanjutkan dengan kompetisi lain seperti Bibliobattle. Di mana kompetisi tersebut yang menceritakan kembali buku fiksi atau nonfiksi yang memiliki nilai moral. Lomba ini dapat diikuti oleh umum dan pegawai BPK.

Adapun, lomba yang dapat diikuti oleh pelajar dan mahasiswa adalah Lomba Konten Sosmed. Lomba ini merupakan lomba konten kreatif dengan bentuk stories video aktivitas dengan tema “BPK Menurut Kamu”. Lomba ini baru akan dimulai bulan September 2020.

Terakhir adalah lomba untuk pelajar/mahasiswa dan pegawai BPK yaitu Lomba Karya Video BPK yang akan diselenggarakan pada Agustus – Oktober 2020. Selain hadiah uang tunai sebesar Rp. 7.500.000 (Juara I), Rp. 5.000.000 (Juara II) dan Rp. 2.500.000 (Juara III), semua peserta akan mendapatkan e-Sertifikat dari BPK RI.[ida]

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here