Memperingati HUT Ke-75 Kemerdekaan Negara Republik Indonesia (RI), akan dilakukan Pengibaran Bendera Merah Putih di Puncak Gunung Dempo pada 17 Agustus 2020. Upacara ini  dipimpin langsung Wakapolda Sumatera Selatan Brigjen Pol Rudi Setiawan, SIK SH MH.

Kapolres Pagaralam AKBP Dolly Gumara SIK MH melalui Kasat Sabhara AKP Zanzibar Zulkarnain mengatakan, kemarin belasan peserta dari umum dan Anggota Sat Sabhara Polres Pagaralam diperiksa kesehatan oleh Urdokes Polres Pagaralam dan Tim Medis Puskesmas Bumi Agung. 

“Hasil pemeriksaan kesehatan yang dilakukan, Alhamdulilah dalam kondisi sehat, adapun pemeriksaan meliputi tensi darah, detak jantung, diognosa riwayat penyakit para calon peserta pendaki,” kata dia, Jumat (14/8/2020).

.

Manurut Zanzibar, calon peserta ekspedisi pendakian Gunung Dempo bersama Wakapolda harus dalam kondisi sehat.

“Sebab di atas (Dipuncak Gunung) suhunya sangat dinggin, jadi semua harus sehat,” jelasnya.

Sementara itu  dr Hani Agustian menambahkan, Calon peserta pendaki harus menjaga kesehatan sebelum melakukan pendakian. Selain itu, dalam perjalanan jika mengalami gejala hipotermia harus cepat untuk berkoordinasi dengan rekan yang lain.

“Biasanya gejala hipo menyerang bagian ujung-ujung tubuh, jika mengalami gejala kedinginan maka cepat dihangatkan tubuh yang bersangkutan. Caranya, minum air hangat atau didekatkan dengan api unggun dan juga didekatkan dengan tubuh orang lain,” tutupnya. [ida]

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here