Sub Rayon 8 SMK Gelar In House Training..Ternyata Ini Tujuannya

Sub Rayon 8 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Palembang Dinas Pendidikan Sumatera Selatan mengadakan In House Training. Apa goal (tujuan)-nya? Goalnya adalah meningkatkan kompetensi guru di tengah Pandemi Covid-19. Yaitu mengefektifkan penerapan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dalam Jaringan (Daring).


In House Training tersebut menghadirkan para pemateri berkompeten, termasuk Ketua Sub Rayon 8 Palembang Drs Ropik MSi, juga para Guru Teknik Komputer Jaringan (TKJ) dan berbagai materi lainnya. Semua ditujukan untuk peningkatan kompetensi guru.

"Dan ini kita lakukan dalam rangka peningkatan SDM, khususnya tenaga
pendidik di wilayah Sub Rayon 8 SMK Palembang Dinas Pendidikan Sumsel," ujar Ropik, Kamis (13/8/2020).

In House Training yang mengambil tema Tranformasi Digital dalam Menunjang Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada Masa Pendemi Covid-19 di Era New Normal ini diikuti 58 guru di wilayah Sub Rayon 08 Palembang.

"Jadi kita ingin setelah ini tak ada siswa yang bosan dalam mengikuti KBM Daring, guru harus memiliki kompetensi yang bagus dengan memakai banyak aplikasi dalam mengajar daring. Karena semua sudah kita ajarkan," jelasnya.

Sementara itu Asep Dedin Mahmudin salah satu peserta dari SMK YWKA Palembang mengatakan, banyak kendala yang dihadapi dalam melaksanakan KBM daring selama Pandemi Covid-19.

Mulai dari koneksi jaringan internet, kuota internet hingga siswa yang tak punya smartphone sehingga proses KBM daring tak berjalan secara maksimal.

"Iut In House Training ini, kita banyak tahu tentang aplikasi-aplikasi yang bisa digunakan saat mengajar. Dengan demikian siswa tak jenuh atau bosan mengikuti KBM Daring atau PJJ. Tanpa kreativitas dan inovasi, PJJ dan Belajar Dari Rumah (BDR) tidak akan berjalan secara maksimal,” tutupnya.[ida]