Wow! Disdik Sumsel Tunggu Persetujuan Orangtua Siswa

Plt Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sumatera Selatan (Sumsel) Riza Fahlevi menyambut baik keputusan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), bersama Satuan Tugas Nasional Covid-19 serta sejumlah kementerian terkait , yang memperbolehkan sekolah di zona hijau dan zona kuning melakukan pembelajaran tatap muka di sekolah.


Tetapi, kata Riza, pihaknya masih menunggu persetujuan dari orangtua siswa, apakah mereka setuju kalau pembelajaran tatap muka dilaksanakan kembali.

"Meski Mendikbud mengizinkan kembali Kegiatan Belajar mengajar (KBM) diberlakukan kembali secara tatap muka, kalau orang tua siswa belum menginginkan anak mereka masuk tidak diaplakan, kita tetap berlakukan KBM secara virtual," ujarnya, Selasa (11/8/2020).

Menurut Riza yang terpenting, disituasi saat ini keselamatan dan kesehatan peserta didik ini sendiri.

"Di Sumsel ini sendiri masa pandemi ini KBM dilaksanakan kombinasi ada yang dilaksanakan secara jaringan (daring) dan ada diluar jaringan (luring)," katanya.

Pihaknya mempertegas, meski jalur kuning dan jalur hijau ada peluang bagi sekolah dapat melakukan KBM tatap muka, namun semua itu tetap pihak sekolahlah yang tahu kesiapannya bersama orang tua murid melalui komite sekolah.

"Jika mungkin sepakat diizinkan gugus tugas Covid-19 untuk buka, tapi ada saja orang tua yang masih takut anaknya tatap muka, dan itu tidak kita alpakan, namun mereka difasilitasi dengan pembelajaran daring," tukasnya.[ida]