Ada Potongan 25 Hingga 100 Persen Untuk Maba Kampus MDP, Bisa Dicicil Lagi

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Global Informatika Multi Data Palembang (MDP), AMIK MDP, dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) MDP memberikan diskon biaya awal perkuliahan dari 25 persen hingga 100 persen bagi mahasiswa baru (maba).


"Kebijakan ini merupakan salah satu langkah strategis untuk meringankan beban mahasiswa baru tahun 2020/2021 di tengah pandemi Covid-19," ujar Staff BKP MDP Palembang, Kristina, Senin (3/8).

Kristina menjelaskan, pemberian potongan uang kuliah (UK) sebesar 25 hingga 100 persen didasari pada pemikiran bahwa dampak pandemi Covid-19 di bidang ekonomi sangat berpengaruh.

"Uang kuliah sama uang pembangunan bisa dicicil sampai bulan Januari 2021 walaupun masuk kuliah pada bulan September nanti, jadi mahasiswa tidak perlu ragu lagi," tuturnya.

Ia memaparkan, teknis pembayaran uang kuliah pun bisa dicicil oleh mahasiswa baru. Bagi mahasiswa yang masuk kategori tidak mampu, diupayakan untuk menerima beasiswa KIP kuliah.

"Kita ada dua jalur, pertama Jalur Tanpa Tes dan kedua Jalur Tes. Saat mendaftar, jadi nanti mereka mengajukan berapa sanggup untuk membayar uang kuliah. Contoh setiap bulan mereka sanggup bayar berapa, dan bayarnya tidak flat, kita fleksibel sifatnya," terang Dia.

Untuk mendapatkan potongan tersebut mahasiswa baru yang memilih jalur tanpa tes, akan dilihat dari nilai rapot. Rata-rata nilainya 70, dan untuk jalur tes dilihat dari hasil tesnya. Sedangkan yang 100 persen mereka (maba, red) hanya membayar uang kuliah dam dibebaskan uang pembangunan.

"Yang 100 persen itu ada beberapa dokumen yang harus di lengkapi, seperti surat tidak mampu, foto rumah, nanti kita survei ke rumahnya apakah benar itu rumahnya, serta lulus seleksi adminitrasi dari pihak kampus kita," jelasnya lagi.

Lanjutnya, saat ini yang banyak mahasiswa yang mengambil jalur tes. Meskipun di tengah pandemi saat ini yang mendaftar masih stabil. Diperkirakan akhir Agustus ramai yang mendaftar.

"Iya untuk potongan ini baru ditahun ini, karena kondisi ekonomi lagi tidak stabil," tuturnya.

Sementara itu, bagi mahasiswa aktif pihak MDP memberikan potongan pergantian uang kuota sebesar Rp 100 ribu. Kemudian MDP juga memberikan fasilitas cicilan uang kuliah.

Bagi masyarakat yang ingin mendaftar di kampus MDP, berikut jalur dan syaratnya.

Jalur Tanpa Tes, periode pendaftaran hingga 1 Mei 2020, syaratnya, 

- Biaya formulir pendaftaran Rp 400 ribu

- Fotokopi rapor kelas X dan XI setiap semester (legalisir) rata-rata nilai kognitif Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan Matematika dari kelas X dan XI semester I dan II minimal 70 (KKM minimal 60)

- Berlaku untuk siswa/i SMA/SMK kelas XII angkatan 2019/2020

- Lulus kesehatan dan wawancara.

Jalur Tes, periode pendaftaran dimulai 1 Oktober 2019 hingga saat ini, syaratnya.

- Biaya formulir pendaftaran Rp 400 ribu

- Fotokopi ijazah dan SHUN (legalisir) atau

- Surat keterangan kepala sekolah untuk siswa/i SMA/SMK kelas XII angkatan 2019/2020

- Lulus tes akademik : TPA dan Bahasa Inggris

- Lulus tes kesehatan.