net
net

. Kakorlantas Polri Irjen Istiono memprediksi puncak arus balik mudik Idul Adha 2020 ini terjadi pada Minggu (2/8) besok. Pasalnya, Minggu adalah hari terakhir libur panjang.

Untuk itu, dia meminta masyarakat yang saat ini sudah ada di kampung halaman dan berencana kembali ke Jakarta, agar bisa menghindari jam-jam rawan kemacetan.

“Kami khawatir kalau pemudik tidak bisa menyesuaikan kondisi di lapangan, kemacetan tidak bisa dihindarkan. Untuk itu, pulang balik lebih awal akan lebih baik. Dan perjalanan akan lebih nyaman,” kata Istiono dalam keterangannya, Sabtu (1/8).

Mantan Kapolda Bangka Belitung ini menambahkan, pihaknya juga mengimbau agar masyarakat yang melakukan perjalanan mudik bisa mengatur perjalanan dan menyesuaikan waktu.

Hal ini untuk menghindari kemacetan arus lalu lintas. “Karena masih dalam masa pandemi COVID-19, masyarakat wajib menjaga protokol kesehatan dan memperhatikan imunitas tubuh. Menggunakan masker, jaga jarak, dan selalu cuci tangan wajib dilakukan,” tegas Istiono.

Perlu diketahui, jumlah kendaraan yang melintasi Tol Cipali pada Idul Adha 2020 ini meningkat dibanding tahun lalu. Peningkatan diperkirakan mencapai 40 persen. Meski begitu, secara umum arus lalu lintas ramai lancar dan terkendali. Antrean kendaraan di gardu tol juga normal.

Lebih lanjut dikatakan, pihaknya siap mengantisipasi lonjakan arus balik yang diperkirakan akan terjadi hari Minggu (2/8) ini.

“Insyaallah kami dengan stake holders terkait siap untuk mengantisipasi arus balik,” ujarnya.


Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here