Covid-19 Tak Kurangi Kekhusyukan Ibadah

Bupati H Kuryana Azis melaksanakan Shalat Idul Adha 10 Dzulhijah 1441 Hijriah bersama Keluarga di Pendopo Belakang Rumah Dinas Bupati Ogan Komering Ulu (OKU), Jumat (31/7/2020)


Dalam sambutannya ia menyampaikan meskipun masih dalam kondisi pandemi Covid-19, kiranya hal ini tidak mengurangi kekhusyukan beribadah, dan tetap mensyukuri hikmah Suasana Hari Raya Idul Adha.

"Walaupun sesungguhnya ini merupakan tahun yang sangat berat bagi umat Islam di seluruh dunia, khususnya Muslim Indonesia karena tidak bisa melaksanakan rangkaian ibadah haji akibat wabah virus Corona. Namun kita tetap wajib mengagungkan kebesaran Allah SWT. Kita gemakan takbir dan tahmid sebagai pernyataan dan pengakuan atas Keagungan Allah SWT," katanya.

Lanjutnya, Idul Adha yang juga dinamakan “Idul Qurban”, merupakan hari raya yang menekankan pada arti berkorban. Qurban itu sendiri artinya dekat. Dengan menyembelih hewan ternak, tak lain tujuannya untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

"Dalam suasana Idul Adha 1441 Hijriah, sudah seharusnya kita senantiasa melakukan perubahan sikap, pembaharuan pola pikir, dan penguatan komitmen untuk memberikan pengabdian terbaik bagi kepentingan umat, dan selalu mengevaluasi tingkat ketakwaan kepada Allah SWT," ujarnya.

Kabag Kesra Setda OKU Kadarisman, S.Ag, M.Si dalam khutbahnya menyampaikan makna vertikal dengan berqurban maka semakin mendekatkan kita pada Allah SWT.

Makna horizontal dengan berqurban kita dapat berbagi sesama manusia terlebih kita sedang dalam keadaan pandemi Covid-19 saling bantu membantu sesama.[ida]