Kerjasama, Pemkot Palembang-PT Gojek Indonesia Barter

Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) mangandeng Gojek, untuk menjamin kemudahan pengiriman dan pengambilan berkas penting hingga revitaliasi fasilitas umum.


Kerjasama itu ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman antara Walikota Palembang HHarnojoyo dengan pihak PTAplikasi Anak Bangsa Gojek yang diwakilkan oleh Regional PPGR Sout of Sumatera Kenn Lazuardhi Syarnubi, Rabu (29/7/2020) di rumah Dinas Walikota Palembang, Jalan Tasik.

Harnojoyo mengatakan, ada lima item yang akan dikerjasamakan dengan pihak Gojek. Mulai dari revitalisasi Halte Bus Rapid Transit (BRT) Transmusi, Pemeliharaan Skate Park di bawah Jembatan Ampera, Pengantaran dokumentasi dan perizinan, pembinaan Usaha Keci Mikro Menengah (UMKM) pembayaran pakai Gopay, menunjang promosi wisata dan pembangunan sistem informasi pelayanan tenaga kerja dikembangkan Disnaker Palembang.

“Jadi ada beberapa dinas yang melakukan kerja sama ini. Mereka adalah Dinas Penaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP); Dinas Perhubungan, Disnaker, Perindustrian, Badan Pengelolaan Pajak Daerah (BPPD), Dinas Perindustrian dan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Palembang,” kata Harnojoyo.

Dengan dilakukan kerja sama ini, kata orang nomor satu di Kota Palembang, tersebut lebih memudahkan masyarakat. Baik dalam kepengurusan dokumen perizinan, pengantaran dan pengambilan berkas kartu pencari kerja (Ak-1) dan peningkatan fasilitas umum untuk menambah kenyaman warganya.

“Ini juga sebagai rangsangan dan contoh pihak swasta lainnya dan OPD dalam memberikan peningkatan pelayanan,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Disnaker Palembang Yanurpan Yany mengatakan, kerjasama yang dilakukan pihak Disnaker dengan Gojek ini merupakan bagian dari pembangunan sistem informasi dan layanan ketenagakerjaan.

“Intinya kita memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat Palembang, seperti pembuatan Kartu AK 1, nah ini bisa dibuat dan dicetak sendiri dirumah,” katanya.

Keuntungan yang kedua, Job Fair yang selama ini digelar satu tahun sekaloI dan memerlukan biaya yang cukup besar, dengan sistem ini perusahaan perusahan setiap saat bisa merekrut pegawai dengan memanfaatkan sistem ini, dan Disnaker yang akan menghubungi pencari kerjanya (pencaker)ini, tentunya pencaker yang sudah terdaftar.

“Gojek ini perannyo untuk menghantarkan berkas atau dokumen yang dipersyaratkan dalam pengurusan, karena bisa saja ada beberapa persyaratan yang banyak dan berukuran tebal berupa dokumen terjilid ataupun persyaratan yg mengharuskan Asli yg tdk bs dikirim secara online sebagai verifikasi, nah disinilah fungsi Gojek,” tegasnya.

Sementara itu juga, PT.Aplikasi Anak Bangsa Gojek Regional PPGR Sout of Sumatera Kenn Lazuardhi Syarnubi mengatakan, ada beberapa item kerja sama yang telah dilakukan kerjasama tersebut langsunh bisa direalisasikan.

“Perbaikan halte, pemeliharan skate park dan pengantaran dokumen sudah bisa dilakukan,” jelasnya.

Untuk menunjang sektor pendapatan UMKM Gojek memiliki strategi khusus untuk pembinaan untuk pengembangan usaha.

“Kita akan memberikan pelatihan dan pembinaan cara penjualan secara online,” jelasnya.[ida]