Bawaslu Pelototi Pelaksanaan Coklit oleh KPU OKU

Kegiatan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) dalam rangka pendataan pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Ogan Komering Ulu (OKU), mendapat atensi khusus dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).


Pernyataan itu disampaikan langsung Ketua Bawaslu OKU Dewantara Jaya kepada para Anggota Panwaslu Kecamatan dan staf, saat membuka Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Penanganan Pelanggaran, Sabtu (25/7/2020), di Hotel Kemuning Baturaja.

“Pastikan pelaksanaan Coklit berjalan dengan benar dan sesuai aturan berlaku. Pastikan masyarakat mendapatkan hak pilih mereka. Jaga kondisi kesehatan fisik. Tahapan pelaksanaan pilkada masih panjang,” ujar Dewantara.

Sementara itu Anggota Bawaslu OKU Kordiv HPP Anggi Yumarta menjelaskan, pelaksanaan Pilkada tahun ini memang sudah masuk Tahapan COklit.

Kemarin, kata dia, Ketua Bawaslu OKU sudah membagi tiga zona kerja untuk melakukan supervisi pelaksanaan coklit di lapangan.

“Kemarin supervisi ke kecamatan sudah kita lakukan. Baik itu Ketua Bawaslu OKU, Dewantara Jaya, Anggota Bawaslu Yeyen Andrizal dan saya sendiri. Masing-masing didampingi staf,” ujarnya.

Diakui Anggi, sampai saat ini belum ada Calon Bupati dan Wakil Bupati OKU yang akan bersaing. Yang ada saat ini baru sebatas bakal calon. Namun suasana politik dan dukungan maupun simpatisan sudah terasa dari masing-masing bakal calon.

“Ini baru awal. Persiapkan fisik dan mental kita semua,” ingat dia.

Anggi juga mengingatkan jajaran Panwaslu Kecamatan agar selalu kompak bersama anggota Panwaslu lainnya. Sebab dalam melaksanakan tugas dan fungsi pengawasan, itu bukan milik satu kordiv saja, melainkan semua memilliki tanggung jawab bersama.

"Dalam hal melakukan pengawasan dan mensukseskan pelaksanaan Pilkada aman damai dan berjalan sesuai undang-undang dan aturan berlaku. Ini tanggung jawab kita semua," tandasnya. [ida]