Ini Resep Kue Lapis Legit Nanas ala Susroyani

Kue Lapis Legit Nanas khas Palembang memiliki rasa dan tekstur tersendiri. Kendati belum sekondang Kue Maksuba dan Kue Lapan Jam, Kue Lapis Legit Nanas ini menjadi salah satu sajian di hari-hari besar keagamaan.


Salah satu produsen Kue Lapis Legit Nanas khas Palembang ini adalah Susroyani, warga Jakabaring Palembang yang berbisnis kue basah.

Ia memulai bisnis kue basah sejak tahun 2011. Bisnis ini bermula karena kegemaran dia mencoba resep-resep makanan yang sering ia konsumsi.

"Awalnya saya lihat di resep ya, karena setiap saya makan dan itu enak pasti saya mencoba untuk membuatnya. Ya salah satunya kue basah, lapis nanas panggang ini," katanya, Kamis (28/7/2020).

Kata Susroyani, Lapis Legit Nanas adalah kue yang di panggang selapis demi selapis dan di setiap lapisannya diberikan selai nanas. Lanjutnya, kue lapis legit nanas panggang ini cara pembuatannya hampir sama dengan membuat kue Lapis Legit, dan proses pemanggangannya membutuhkan waktu yang lumayan lama.

"Biasanya kue lapis nanas panggang sering dijumpai saat hari perayaan agama, terutama perayaan hari raya Idul Fitri dan Idul Adha untuk disajikan para tamu," terang Dia.

Dijelaskannya, membuat kue lapis legit nanas bahan pokok utama yang mesti tersedia adalah telur. Karena untuk satu loyang penyajian, minimal menggunakan 20-25 telur ayam. Langkah awal cara pembuatannya dengan memisahkan antara putih dan kuning telur.

Biasanya dalam proses mengocok mentega atau margarin, kuning telur dimasukan satu per satu, tapi di sini akan ia pisahkan karena dari pengalamannya proses seperti itu akan sangat lama dan membuat adonan mengembang dan berwarna pucat, adonan yang dihasilkan pun menjadi sedikit cair sehingga tekstur pada kue lapis bantat dan tidak empuk.

"Rasanya dominan manis, bahan penting adonan harus ada susu putih kental manis, gula dan selai nanas karena lapis legit nanas. Kalau legit keju tambahkan taburan keju serut per lapis. Serta pelengkap, margarin dan tepung terigu," bebernya.

Saat ini, kue hasil buatannya telah terjual sampai Bangka Belitung dan berbagai kota di Pulau Jawa.

"Satu loyang saya jual Rp 250 ribu, pemesanan bisa langsung ke rumah atau cek di instagram @susroyani. Awalnya karena saya hobi makan saya belajar masak dan ternyata banyak yang pesan. Pernah dalam sehari terjual 100 loyang," tukasnya.

Bagi yang ingin membuat kue lapis legit nanas, berikut resepnya:

BAHAN UNTUK 1 LOYANG
Susu kental manis secukupnya
Keju (kalau ingin membuat lapis legit keju)
Telur ayam 25 biji
Marharin atau mentega 1/2 kg
Selai nanas di setiap lapis
Tepung terigu atau gandum 2,5 ons
Gula pasir putih 3,5 ons

CARA MEMBUAT

  1. Persiapkan semua bahan
  2. Pisahkan putih dan kuning telur
  3. Mixer margarin dan gula hingga tercampur dan mengembang
  4. Mixer putih telur sampai berbusa
  5. Setelah margarin dan gula bercampur tambahkan kuning telur lalu aduk kembali hingga mengembang
  6. Tambahkan tepung terigu dan campur putih telur yang telah berbusa
  7. Setelah adonan siap, persiapkan loyang yang telah dioles margarin
  8. Masukkan adonan lapis per lapis yang setiap lapisnya dioleskan selai nanas atau keju (tergantung pembuatan legit nanas atau keju).
  9. Setiap lapisan panggang di oven per 15 menit. Awalnya gunakan api bawah, setelah lapisan kedua pergunakan api bawah dan atas yang tidak terlalu besar. [ida]