Sebentar Lagi, Dermaga 16 Ilir Sehebat Bandara SMB II

Pembangunan Dermaga 16 Ilir sudah tahap pengecoran lantai. Tidak lama lagi, ungkap Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palembang Agus Supriyanto, kota pempek ini akan memiliki dermaga terbaik. Dermaga ini memiliki fasilitas menyerupai Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang.


"Progresnya sudah masuk tahapan pengecoran lantai," ungkapnya usai melakukan rapat pensertifikatan Dermaga 16 Ilir, Selasa (7/7/2020).

Agus menerangkan, Dermaga 16 Ilir ini akan menjadi tempat bersandarnya angkutan Sungai Musi yang nyaman dan aman.

Setiap angkutan air yang bersandar akan ditata, mulai dari trayek dalam kota, luar kota dan juga kapal-kapal besar. Selain itu, semua angkutan sungai akan wajib bertiket, diasuransikan, menggunakan peralatan keselamatan serta memiliki jadwal keberangkatan yang jelas layaknya bandara dan kedepan akan ada data manifes penumpang.

"Kita akan tata semua, termasuk menata tongkang dan speedboat yang biasa beroperasi. Sekarang sedang dibangun kawasan khusus," ulasnya.

Pembangunan Dermaga 16 Ilir yang merupakan bantuan Pemerintah Pusat ini, adalah upaya Walikota Palembang, Harnojoyo dalam menata kawasan 16 Ilir.

Karena Sungai Musi menjadi pintu keluar masuk hilir mudik beberapa kabupaten, sedangkan dermaga yang ada saat ini belum layak.

"Dengan adanya penataan dermaga baru ini akan memberikan rasa aman dan nyaman dimana moda transportasi akan teintegrasi dengan Trans Musi dan LRT. Ini juga sebagai perwujudan Palembang sebagai kota dengan slogan venesia dari timur," tandasnya.[ida]