Porprov Sumsel Jadi Ajang Pembinaan, Usia Atlet Dibatasi

Sekretaris Umum KONI Provinsi Sumatera Selatan Suparman Romans menegaskan, Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Ke-14 di OKU Raya meliputi OKU Induk, OKU Timur, dan OKU Selatan Tahun 2021 akan dijadikan ajang pembinaan, dengan batasan usai atlet tidak melebihi 20 tahun.


Hal itu disampaikan Suparman Romans saat silaturahmi bersama Pengurus KONI dan Pengurus Cabang Olahraga di Kabupaten Lahat. Silaturahmi itu juga dihadiri Bupati Lahat Cik Ujang, Kamis (2/7/2020).

Pembinaan atlet muda ini, dijelaskan Suparman, ditujukan untuk prestasi olahraga berkelanjutan.

"Ketika atlet senior tidak bisa lagi aktif berprestasi, maka sudah ada atlet muda yang potensial berprestasi," kata Dia.

Kendati melakukan pembinaan atlet muda, bukan berarti atlet senior tidak dilakukan pembinaan. Namun, bagi atlet senior potensial berprestasi dilakukan pembinaan khusus.

"Atlet usianya di atas 21 tahun yang potensial berprestasi dilakukan pembinaan khusus, bila perlu akan dikirim turnamen atau kejuaraan di luar negeri, maka kita akan support," jelasnya.

Ditambahkan Suparman, pihaknya akan membenahi semua aturan pada pelaksanaan porprov mendatang.

" Termasuk pembentukan arbitrase yang akan melibatkan KONI kabupaten dan kota untuk mengirimkan perwakilan, sehingga semua mengetahui dan memahami aturan main pada pekan olahraga itu," urai dia.

Sementara Bupati Lahat Cik Ujang meminta pengurus KONI dan cabor terus melakukan pembinaan atlit, memperhatikan porsi latihan atlit, disiplin atlit, dan keperluan lainnya sehingga atlit berprestasi baik.

Apalagi capaian Kabupaten Lahat pada Porprov Ke-13 di Prabumulih tahun 2019 berada pada posisi 4 besar.

Bupati Cik Ujang menekankan agar pencapaian prestasi Kabupaten Lahat pada porprov mendatang terus meningkat.

" Harus ada peningkatan, kalau Porprov kemaren dapat 31 medali emas, maka Porprov mendatang harusnya tambah menjadi 36 emas, Porprov berikutnya lagi 39 emas, jadi ada peningkatan," urainya.

Apalagi Lahat akan menjadi tuan rumah pada Porprov ke 15 tahun 2023 mendatang, sehingga harus juga sukses prestasi selain sukses penyelenggaraan. Namun, medali yang diperoleh dengan cara sportif, demikian Bupati Cik Ujang.[ida]