Terindikasi Tak Dukung Kuryana-Johan, PAN Tunggu DPP

Pasangan incumbent H Kuryana Azis dan Johan Anuar telah resmi menyatakan diri kembali maju di Pilkada Ogan Komering Ulu (OKU) 2020.


Ada empat partai politik (Parpol) yang telah resmi mengusung keduanya. Yakni Partai Nasdem, Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Bagaimana dengan Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU)? Sejauh ini, belum ada keputusan resmi dari partai berlambang matahari terbit itu.

Menurut kader PAN di DPRD Kabupaten OKU Yudi Purna Nugraha, perihal siapa yang akan diusung oleh PAN, DPP-lah yang menentukan.

"PAN menunggu keputusan DPP," ungkap politisi muda PAN yang menjabat Wakil Ketua DPRD Kabupaten OKU itu, Kamis (2/7/2020).

Diketahui, PAN OKU menjadi salah satu parpol yang tidak nongol pada acara konferensi pers deklarasi pasangan Kuryana - Johan, di lobi Hotel BIL Baturaja baru-baru ini.

Ya. Di saat kader parpol lain (yang kendatipun belum ada keputusan siapa yang diusung) turut hadir di acara tersebut, justru kader PAN tak ada satupun yang tampak di sana.

Ketika ditanya apakah ini menjadi pertanda bahwa arah PAN tidak ke Kuryana - Johan? Menurut Yudi, pembicaraan itu adalah wewenang ketua.

Dirinya pun tidak tahu, apakah acara malam itu, PAN mendapat undangan atau tidak.

"Kalau soal non formal macam itu, sulit dijelaskan. Kecuali formal. Intinya PAN nunggu DPP. Jadi soal arah politik, kita nunggu arahan ketua. Kami selaku kader tunduk. Kalau pun ketua ngajak kita seberangi laut, yang kita ikut," ujar Yudi mengibaratkan.

Yang pasti, lanjut dia, DPD PAN OKU sudah menjalankan kewajiban dalam hal tahapan pendaftaran Cabup-Cawabup di internal partai.

"Ya. Kewajiban sudah kita selesaikan. Mulai dari nembuka, memproses dan menutup pendaftaran. Kita nunggu keputusan DPP," tandasnya.[ida]