Tagihan Ledeng Menlonjak, PDAM Tawarkan Solusinya..

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Musi membuka ruang konsultasi, bagi pelanggan yang mengeluhkan lonjakan tagihan air bersih di bulan Juli selama Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).


Direktur Utama PDAM Tirta Musi Andi Wijaya bahkan menawarkan dua opsi solusi bagi pelanggannya, agar mereka mendapatkan informasi yang jelas dan solusi pembayaran dengan cara dicicil.

"Ada dua opsi, pertama kami konsultasi pengecekan guna penyesuaian meteran bila terjadi pembengkakan biaya. Bagi yang masih keberatan, kami akam tawarkan pembayaran dengam cara dicicil lima kali," terangnya, Kamis (2/7/2020).

Andi menjelaskan, bila selama April dan Mei terjadi lonjakan penggunaan air bersih sehingga pada Juli ini mengalami kenaikan tagihan.

Berdasarkan data, untuk pelanggan 2a (rumah tangga sederhana) dengan jumlah pelanggan 102.987 kubikasi 2.547.246 pada bulan April. Kemudian, di bulan Mei jumlah pelanggan 103.035 kubikasi 2.543.156. Pada Juni, jumlah pelanggan 103.091 Kubikasi 2.578. 424.

Sementara untuk pelanggan 2b (rumah tangga) pada April jumlah pelanggan 144.963 kubikasi 3.933.852. Bulan Mei 145.455 kubikasi 3.924.772. Pada Juni jumlah pelanggan 146.078 kubikasi 3.968.833

“Juni kita sudah mulai pembacaan meter lagi. Tapi tagihan di Juli yang membengkak itu terhitung pada pemakaian bulan April dan Mei,” ujarnya.

Andi menegaskan, pihaknya tidak ingin membuat pelanggan dirugikan atau dibebankan. Apalagi sampai terkesan asal tembak meteran. Sebab, sudah dilakukan digitalisasi penghitungan meteran.

“Selain itu, kami juga diawasi oleh BPKP, PPK, konsultan akuntan publik bahkan di kroscek ombudsman. Selama pandemi dua bulan lalu kita tidak baca meteran untuk meminimalisir petugas kita terpapar covid. Sebab, satu petugas pembaca meteran itu minimal mengecek 3.000 rumah,” tuturnya.[ida]