Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Ogan Komering Ulu (OKU) membentuk Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (PAI) Kabupaten tahun 2020. Dengan forum ini, keberadaan PAI lebih dikenal bahkan kondang.

Hal tersebut disampaikan Ketua Pokjaluh Kemenag OKU Maruansyah saat bersama rombongan Penyuluh fungsional melakukan silaturahmi sekaligus pembinaan kepada PAI non PNS di Kantor KUA Kecamatan Semidang Aji, Senin (30/6/2020).

Menurut Maruansyah, jika para PAI non PNS se-Kabupaten OKU tergabung dalam suatu wadah (forum,red), diyakini akan banyak hal yang bisa dilakukan dengan cakupan yang lebih luas.

“Jika forum ini nanti dibentuk, akan ada ide-ide yang lebih inovatif lagi dalam pelaksanaan kegiatan penyuluhan, sehingga keberadaan PAI dapat lebih dirasakan masyarakat. Intinya akan banyak perkara yang bisa dikerjakan dan bisa lebih menyentuh lagi,” ujar Maruansyah diamini Hj Mufrihatun, Penyuluh Fungsional Kemenag OKU.

Di OKU sendiri, ungkap dia, ada 80 orang PAI non PNS yang tersebar di 12 Kecamatan di Bumi Sebimbing Sekundang. Tugas mereka melakukan pembinaan kepada majelis taklim di desa-desa.

“Kalau forum itu terbentuk, ada wadah bagi PAI dalam melaksanakan kegiatan yang lebih inovatif. Bukan hanya untuk wilayah tempat tugasnya, lebih-lebih untuk Kabupaten,” tandasnya.

Di kesempatan itu, Maruansyah menekankan kepada para penyuluh, agar dapat bekerja sebagai tim. Dan kompak.

“Saya kurang sependapat jikalau ada penyuluh cari selamat sendiri. Kekompakan itu perlu. Jangan saling tinggalkan. Termasuk dalam hal pelaporan. Ibarat satu tubuh, jika satu ada yang sakit, maka semua ikut merasakan. Pun sebaliknya,” demikian Maruansyah.

Sementara itu, Kepala KUA Semidang Aji H Amin Fajar menyambut baik silaturahmi dan pembinaan yang dilakukan Pokjaluh kepada PAI non PNS di wilayah kerjanya.

“Ini kegiatan yang jarang dilakukan. Dan kami senang adanya pembinaan macam ini. Apalagi, di periode ini ada PAI yang baru direkrut, sehingga mereka butuh petunjuk teknis dalam hal yang berkaitan dengan tugas penyuluh,” ujar Amin.

Ia pun meyakinkan, bahwa tujuh PAI non PNS di Semidang Aji yang ada sekarang, mampu melingkupi wilayah Kecamatan tersebut.[ida]

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here