Merespon aksi yang terjadi di Jakarta Rabu (24/62020), hari ini Senin (29/06/2020) ratusan kader dan pengurus DPC PDI Perjuangan Kabupaten Muara Enim menggeruduk Mapolres. Mereka meminta Kepolisian menangkap dalang dan pelaku pembakaran bendera partai itu.

Aksi damai tersebut dipimpin langsung seketaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Muara Enim Akhmad Imam Mahmudi, dan diikuti antara lain Fraksi PDI Pejuangan DPRD Kabupaten Muara Enim serta pengurus partai. Aksi ini merupakan dukungan kepada Kepolisian untuk menangkap pelaku dan dalang pembakar bendera partai berlambang banteng moncong putih itu.

Rombangan aksi damai setibanya di Mapolres Muara Enim disambut langsung Kapolres Muara Enim AKBP Donni Eka Saputra SH SIK Msi, Kabag Ops Kompol Suhardiman, Kasat Intel AKP Roy Prima Ardila.

Seketaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Muara Enim Akhmad Imam Mahmudi, mengatakan DPC PDI Perjuangan Kabupaten Muara Enim mendukung sepenuhnya keputusan DPP untuk melakukan proses hukum menyikapi pembakaran bendera partai.

“Kami selaku Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Muara Enim bersama kader partai mendukung penuh institusi Polri untuk segera menangkap dan memberikan hukuman pelaku pembakaran bendera partai,” ujar Imam kepada awak media usai audensi bersama Kapolres Muara Enim.

Aksi damai ini, kata Imam, sebagai bentuk tanggung jawab moral kader PDI Perjuangan. Dalam kejadian ini (Pembakaran bendera partai, red) dan kalau kita merasa sebagai manusia berpancasila tentunya harus mengedepankan azaz musyawarah, mufakat dalam semua aspek kehidupan berbangsa.

“Tidak ada namanya arogansi kalau kita memang manusia pancasila. Itulah sejatinya kalau kita memang benar-benar mengaku sebagai warga negara Indonesia yang berpancasila. Kita mengutuk keras atas kejadian pembakaran bendera sebagai indentitas partai karena partai kita (PDIP) dilindungi undang-undang,” jelas Imam.

Sementara itu, Kapolres Muara Enim AKBP Donni Eka Saputra SH SIK Msi, menjelasakan kedatangan kader PDI Perjuangan ke Mapolres Muara Enim menyampaikan aspirasi sehubungan adanya pembakaran bendera partai di Jakarta.

“Intinya meminta proses hukum pelaku pembakaran bendra partai. Kita juga menghimbau kepada pengurus partai dan simpatisan agar tidak terpropokasi, mari kita bersama-sama menjaga wilayah kita tetap kondusif,” pungkasnya.[ida]

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here