Muswil PAN Sumsel Tunggu Putusan DPP

Wakil ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional (PAN), H Yandri Susanto, menegaskan, sampai hari ini DPP PAN, belum menetapkan jadwal Musyawarah Wilayah (Muswil) ke-5 PAN Sumsel.


Hal itu mematahkan klaim yang dilakukan oleh Ketua DPW PAN Sumsel Iskandar, yang menyatakan bahwa, Muswil ke-5 PAN Sumsel dilaksanakan di Kayuagung pada, 18-19 Juli 2020.

"Agenda Muswil PAN di seluruh wilayah Indonesia, sudah diatur sedemikian rupa dalam Rakernas PAN, termasuk untuk Muswil PAN Sumsel, intinya segala sesuatu itu bersumber dari keputusan DPP PAN, tanggal berapa, dimana, siapa formaturnya itu nanti dibahas di rapat harian DPP" katanya, saat dibincangi, Minggu (28/6/2020).

Disinggung soal, klaim DPW PAN Sumsel yang sudah menetapkan panitia Steering Committe (SC) dan Organizing Committe (OC) serta memulai pendaftaran formatur, ia menanggapinya secara santai dan menganggap segala keputusan ada di DPP.

"Tidak masalah, jika ada kelompok yang mengatakan sudah menetapkan calon formatur, nanti DPP yang memutuskan, akan kita lihat apakah tahapannya benar sesuai mekanisme atau tidak, karena DPW dan DPD itu merupakan kepanjangan tangan dari DPP. Jadi tidak bisa DPW ngatur sendiri. Ada aturan mainnya," katanya.

Ditambahkannya, mekanisme menentukan siapa memimpin PAN di Sumsel lima tahun mendatang, harus sesuai dengan keputusan Rakernas. Artinya tidak bisa tiba-tiba langsung disetujui, karena DPP harus mengklarifikasi dahulu usulan dari DPW, DPD hingga DPC.

"Kita akan melihat dulu, apakah sudah fair (adil) belum dalam penentuan formatur, siapa saja formatur itu, waktu dan tempat, tentu harus mengakomodir semua pihak. Khusus untuk Sumsel belum ada pembahasan," katanya.

Menurut Ketua Komisi VIII DPR RI ini, meskipun pelaksanaan Muswil PAN di Sumsel ada dua kelompok, yakni kelompok H Umar Halim (Sekertaris DPW PAN Sumsel) dan Joncik Muhammad bersama Iskandar (Ketua DPW PAN Sumsel) DPP PAN tetap senang, karena kedua kelompok itu tetap bertekad untuk memajukan dan membesarkan PAN. Jadi untuk penentuan Muswil akan dibahas secara mendalam.

"Kita tidak mau meniadakan dua kelompok ini. karena Sumsel merupakan salah satu aset terbesar PAN," ujarnya.

Ia menambahkan, terkait proses pelaksanaan Muswil, kemungkinan akan dilaksanakan secara virtual, mengingat pandemi Covid-19 masih tetap ada.

"Melihat kondisi saat ini, belum ada kepastian berakhirnya Covid-19 dan kurva nya terus naik. Saya sampaikan pada Ketua Umum bang Zul (Zulkifli Hasan), kemungkinan Muswil dilaksanakan secara virtual," pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pengarah (Steering Committee) Muswil V PAN Sumsel (kelompok Iskandar), Abdul Azis, mengatakan, penyelenggaraan Muswil V DPW PAN Sumsel dijadwalkan akan dilaksanakan di gedung GOR Kayuagung, Ogan Komering Ilir (OKI), pada 18-19 Juli 2020 mendatang.