Donald Trump / net
Donald Trump / net

. Sejak wabah virus corona baru muncul di Amerika Serikat (AS) pada akhir Januari, sulit menemukan momen di mana Presiden Donald Trump mengenakan masker.

Berdasarkan data dari Universitas Johns Hopkins, saat ini AS sudah mengonfirmasi lebih dari 2,5 juta kasus Covid-19 dengan 125.793 kematian.

Sementara baru 685.164 yang sudah dinyatakan pulih. Dengan situasi wabah yang semakin hari semakin mengerikan, Trump mendapatkan tekanan untuk mengenakan masker sebagai contoh. Tekanan tersebut pun bukan hanya datang dari ahli kesehatan ataupun oposisi, melainkan juga dari para politisi Partai Republik.

“Ini adalah situasi yang sangat, sangat serius dan jendela menutup bagi kita untuk mengambil tindakan dan mengendalikan ini,” ujar Menteri Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan, Alex Azar, melansir CNA pada Minggu (28/6).

Ketika ditanya mengenai alasan Trump untuk menolak mengenakan masker, Azar mengatakan Presiden AS ke-45 tersebut setiap harinya melakukan tes untuk Covid-19 dan memiliki posisi yang “unik” sebagai pemimpin dunia. Namun, melihat Trump yang tidak memberikan contoh, banyak politisi Republik yang biasanya tidak mengeluarkan suara, mulai memberi kritikan tajam.

“Jika mengenakan masker itu penting dan semua pakar kesehatan menyatakan hal itu, akan membantu jika dari waktu ke waktu presiden mengenakannya,” ujar Senator Republik, Lamar Alexander.

“Bantu kami menyingkirkan debat politik bahwa jika Anda mendukung Trump, Anda tidak mengenakan masker. Jika Anda menentang Trump, Anda mengenakannya,” lanjutnya.

Selain Alexander, ada juga Senator Marco Rubio dari Florida, Pemimpin senat, Mitch McConnell dari Kentucky, dan Gubernur Greg Abbott dari Texas yang ikut memberikan kritikan tajam pada Trump.

Tekanan bagi Trump untuk mengenakan masker juga datang dari Ketua DPR, Nancy Pelosi. “Kami memiliki catatan terburuk dari negara mana pun di dunia. Dan presiden mengatakan kami membuat kemajuan. Presiden harus menjadi contoh. Pria sejati memakai maker. Jadilah contoh untuk negara dan pakai masker,” seru Pelosi.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here