Banyak usaha di Kota Palembang yang melakukan penundaan pembangunan, termasuk pengembangan usaha akibat Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Hal itu juga, ungkap Kepala Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Dr Akhmad Mustain, berdampak pada target investasi tahun ini.

“Pandemi Covid-19 ini memberikan dampak luar biasa terhadap perekonomian termasuk geliat investasi di Palembang. Padahal tahun ini kita target investasi yang masuk sebesar Rp3,12 triliun,” ujarnya saat menerima kunjungan Wakil Walikota Fitrianti Agustinda ke Mall Pelayanan Publik Kota Palembang hari ini, Kamis (25/6/2020).

Mustain mengungkapkan, hingga saat ini belum ada target investasi yang masuk. Padahal, ada beberapa investor yang berencana akan melakukan pembangunan termasuk pengembangan usahanya.

“Saat ini beberapa perusahaan sedang mengatur cashflow mereka dan akibat Covid-19 ini, beberapa perusahaan menunda pembangunan, contohnyaHotel Mercure, CGV di Citra Grand City, JM Kertapati dan pengembangan Citra Land,” ulasnya.

Saat ini invetasi masih jalan di tempat, tapi beberapa perizinan seperti IMB harus tetap menyerahkan berkas meski online karena harus diverifikasi langsung oleh OPD terkait

“Kami tetap optimis dan berharap pandemi ini segera berakhir. Karena target investasi kita memang meningkat dua kali lipat dari 2019 lalu yang hanya sebesar Rp1,54 triliun, menjadi Rp3,12 triliun” tandasnya.

Sementara itu, Fitrianti Agustinda berharap DPM-PTSP dapat melakukan upaya lain agar geliat investasi kembalo normal.

“Kondisi ini cukup berdampak pada nilai imevastasi. Kita berharap pandemi ini segera berakhir,” ulasnya.

Dalam kesempatan itu, Fitri meminta agar penurunan pengajuan izin di Mall Perizinan Terpadu, karena kondisi saat ini dan pelayanan lebih ditekankan secara online karena kondisi pandemi.

“Setelah proses selesai, pengambilan berkas baru datang,” katanya.

Walaupun pelayanan secara online, tetapi masih banyak warga yang datang. Setelah dilakukan pengecekan ke beberapa pelayanan publik di Palembang, sudah menerapkan protokol kesehatan.

“Dengan fasilitas yang baik di Mall Perizinan Terpadu ini, diharapkan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat,” tandasnya. [ida]

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here