Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) menerima Kunjungan Kerja dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Bengkulu, dalam rangka benchmarking dan studi tiru terhadap Pelayanan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) yang ada di Muba, Rabu (24/6/2020).

Di tengah Pandemi Covid-19 menjelang New Normal Life, kunjungan dilakukan dengan memenuhi dan menaati Protokol kesehatan. Karena itu, hanya dua pejabat yang hadir Sekretaris Disdukcapil Provinsi Bengkulu Jalaluddin dan didampingi oleh Hery Iskandar sebagai Kasubag Umum dan Kepegawaian Provinsi Bengkulu.

Dalam kunjungan tersebut, para pejabat Bengkulu ini diterima Kepala Disdukcapi Muba Hj Asmarani SSos MSi. Ia mengatakan dengan senang hati menyambut kedatangan rekannya dari Disdukcapil Bengkulu, untuk melihat sistem dan program kerja, ruang rapat berserta loket pelayanan.

Karena Pelayanan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM), yang dilaunching itu di Kabupaten Muba oleh Menteri Dalam Negeri Prof Drs H Muhammad Tito Karnavian MA Ph D, merupakan yang pertama di luar Pulau Jawa. Program tersebut mendapat dukungan penuh dari Bupati Musi Banyuasin Dr H Dodi Reza Alex Noerdin, beserta DPRD Muba, juga pihak kecamatan, desa serta OPD terkait lainya.

“Semoga yang telah di terapkan di Muba ini dapat menjadi contoh untuk Provinsi Bengkulu maupun di provinsi lainnya. Karena sebelum Covid-19, sudah ada beberapa Kabupaten yang mengkonfirmasi untuk dapat melakukan Kunjungan ke Disdukcapil Muba di antaranya ada Gunungsitoli, Purworejo dan Papua. Tapi karena Covid-19 makanya kunjungan tersebut ditunda,” Bebernya.

Dengan adanya Studi Tiru ini semoga mampu memberikan dampak positif terhadap peningkatan pelayanan yang ada di Disdukcapil lainnya. Harapan serta rencana agar program yang di Muba ini dapat tersebar di seluruh Kecamatan.

Sementara itu, Sekretaris Disdukcapil Provinsi Bengkulu Drs Jalaluddin MM menyampaikan bahwa pihaknya mengapresiasi segala pencapaian dari dinas Dukcapil Muba yang bisa mendatangkan Manteri Dalam Negeri RI dan Dirjen sebanyak dua kali yang dalam urusan melayani masyarakat.

Dilakukannya kunjungan ke Dinas Dukcapil Muba dalam rangka melihat dan memahami apa saja yang dapat ditingkatkan untuk Kabupaten Bengkulu jadi ini semacam studi tiru. Program ini cukup baik karena di samping untuk mendekatkan rentan kendali pelayanan kepada masyarakat dan ini sangat menguntungkan bagi masyarakat.

“Dukcapil ini sebagai tumpuan dalam segala tumpuan masyarakat yang menyangkut dokumen kependudukan. Besar kemungkinan untuk Dukcapil Muba kedepannya akan lebih meningkat lagi,” katanya. [ida]

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here