Wabup Beni Hernedi Ajak Warga Muba Stop Illegal Fishing

Kemarin Wakil Bupati (Wabup) Musi Banyuasin (Muba) Beni Hernedi bersilaturahmi dengan warga di sekitar sungai. Dalam kesempatan itu ia meninjau beberapa yaitu Sungai Batanghari Leko, Sungai Muara Punjung, dan Sungai Ampalau Muara Rawas. Ia pun menyerap aspirasi masyarakat, yang mengeluhkan aktivitas Illegal Fishing berupa penangkapan ikan yang tidak berkelanjuan.


Beni Hernedi di sela-sela kegiatan bersilaturahmi dengan masyarakat sembari menyalurkan hobby barunya yakni memancing di sungai, Sabtu (20/6/2020).

"Yang dikeluhkan masyarakat yaitu masih adanya oknum warga melakukan setrum, meracun, kemudian banyaknya anak-anak sungai kecil yang dekat dengan wilayah pembukakaan lahan kebun kelapa sawit yang terdampak , tertutup yang menyebabkan berpengaruh pada ikan yang menjadi hilang,"bebernya.

Dikatakan Beni, ini yang menjadi keluhan masyarakat dan dirinya mendengar langsung dari aspirasi warga, ini akan menjdai perhatian kedepan. Jadi diperlukan kesadaran dan kerjasama semua pihak untuk mencegah terjadinya illegal fishing di Kabupaten Muba.

"Jadi sebenarnya SDA sungai ini potensi yang luar biasa di Muba, saya lihat langsung bagaimana rakyat kita masih banyak yang menggantungkan mata pencariannya di dengan cara menangkap ikan di anak-anak sungai di Muba,"ucap Beni.

Lanjutnya, "kita ingin membangkinkan lagi dan harus merevitalisasi kembali budaya kearifan lokal dengan cara-cara kebaharian, dan budaya tradisional yang sebetulnya menjadi kekuatan ekonomi kerakyatan karena banyak rakyat yang menggantungkan hidup di sini, dan menjadi perhatian kita semua,"pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut Wabup Muba didampingi oleh Organisasi Lembaga Gerakan Masyarakat Peduli Lingkungan dan Hutan (Legmas Pelhut) Kabupaten Muba, yang ikut mendampingi dan melakukan pembinaan kepada masyarakat sekaligus pemasangan spanduk berisikan sosialisasi dilarang melakukan illegal fishing dan pemberian bantuan peralatan tangkap ikan berupa jaring.[ida]