Masjid Istiqlal Tak Gelar Jumatan, Ini Sebabnya..

Saat berbagai masjid di Indonesia kembali menggelar Shalat Jumat hari ini, Jumat 95/6/2020), tidak demikian halnya dengan Masjid Istiqlal Jakarta. Shalat lima waktu untuk masyarakat umum pun belum digelar.


Pantauan Kantor Berita Politik RMOL, beberapa pintu masuk Masjid Istiqlal masih ditutup. Dan yang dibuka hanya berada di Jalan Veteran seberang Halte Busway Juanda. Di depan gerbang Masjid Istiqlal pun juga telah dijaga oleh pihak kepolisian untuk memberikan informasi kepada masyarakat yang datang ingin melaksanakan Shalat Jumat bahwa masjid masih ditutup.

Petugas kepolisian memberikan informasi bahwa Masjid Istiqlal belum dibuka untuk umum lantaran masih dalam proses renovasi. Sejak pukul 11.30 WIB hingga pukul 11.50 WIB, puluhan masyarakat datang dengan tujuan untuk melaksanakan shalat Jumat.

Namun, mereka kembali mencari masjid terdekat lantaran Masjid Istiqlal masih ditutup untuk umum. Baik masyarakat yang datang menggunakan kendaraan sepeda motor, mobil maupun pejalan kaki tidak mengetahui bahwa Masjid Istiqlal masih ditutup.

Security gerbang As-Salam, Hasan mengatakan, Masjid Istiqlal untuk hari ini belum menggelar shalat Jumat untuk umum sejak kasus Covid-19 di Indonesia. Hal itu pun dikarenakan Masjid Istiqlal sedang direnovasi secara total. Mulai dari dalam masjid pada bagian lantai, dinding maupun renovasi di sekitar masjid seperti taman, parkir dan fasilitas lainnya.

"Tadi pagi ada rapat dari pimpinan kepada pihak security bahwa hari ini tidak diselenggarakan shalat Jumat, keputusan dari Imam Besar (Masjid Istiqlal). Masih renovasi, renovasi total bagian dalam lantai, dinding, taman, parkir. Semua aspek sedang direnovasi. Shalat lima waktu juga belum dibuka untuk umum sejak pas corona sudah ditutup," ucap Hasan kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (5/6).

Hasan mengakui banyak masyarakat yang datang, baik menggunakan kendaraan maupun pejalan kaki yang tidak mengetahui bahwa Masjid Istiqlal masih ditutup karena sedang direnovasi.

Masyarakat yang datang kata Hasan mayoritas mengira bahwa masjid kebanggan Indonesia ini sudah dibuka seperti masjid lainnya di beberapa wilayah di Jakarta untuk melaksanakan shalat Jumat sesuai dengan keputusan Gubernur Anies.

"Banyak masyarakat yang datang naik motor, mobil, pejalan kaki yang ingin shalat jJumat, rata-rata yang datang lihat di medsos masjid sudah boleh shalat Jumat, cuma disini belum karena masih direnovasi," pungkas Hasan. [ida]