Cik Ujang Instruksikan Rapid Test di Setiap Kecamatan

Pemkab Lahat bakal melakukan rapid test massal terhadap masyarakat, dengan dilakukan di setiap kecamatan secara bertahap.


" Siapkan rapid test dengan beli yang banyak, dan setiap kecamatan akan kita adakan rapid test massal, " kata Bupati Cik Ujang meminta Kepala Dinas Kesehatan saat pertemuan bersama Ikatan Dokter Indonesia ( IDI) Kabupaten Lahat.

Cik Ujang menggambarkan, rapid test akan dilakukan di setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Lahat. Nantinya, diacak warga mana saja yang akan dilakukan rapid test.

"Siapkan beli banyak alat tes, setiap kecamatan kita adakan tes. Misalnya di Kecamatan Gumay Talang, bawa 50 pcs alat tes, kita tes secara acak," jelas Cik Ujang yang meminta tes massal untuk mendeteksi virus covid 19 itu dilakukan sesegera mungkin.

Sementara itu Ketua IDI Kabupaten Lahat dr Nova meminta agar Pemkab Lahat dapat membantu pengadaan Alat Pelindung Diri ( APD). Selain itu meminta agar jajaran dokter dapat dilakukan rapid test secara berkala.

" Bantuan nantinya akan distribusikan kepada anggota IDI. Kemudian, kami juga melakukan permohonan agar tenaga kesehatan wajib melakukan rapid tes berkala, sebulan sekali atau dua bulan sekali, " ujarnya.

Bupati merespon baik permohonan dari IDI tersebut. Dirinya meminta agar IDI dapat mengajukan permohonan tersebut.
" Dites lah tenaga kesehatan, sebulan sekali atau berapa kali, karena tenaga kesehatan melayani masyarakat, " tukasnya.[ida]