Sudah dapat dipastikan, ini adalah perbuatan iseng orang berperpenyakit hati. Kalaua tidak, untuk apa dia mengedarkan foto putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep yang memakai kaus berlambang palu arit, lambang PKI.

Gambar itu seperti dilansir JPNN.Com, Sabtu (30/5/2020), diunggah di Facebook. Dalam foto itu Kaesang duduk bersama kakaknya, Gibran Rakabuming.

Dalam foto itu Kaesang memakai kaus hitam dan terdapat logo palu arit di sisi kirinya. Sedangkan Gibran memakai kaos putih.

Foto itu dilengkapi pula foto Jokowi dengan tambahan teks “Ndok, Jangan Buka Aib keluarga Nda enak sama Yang Lain”.

Dalam unggahannya, pemilik akun Facebook itu melengkapi dengan narasi sebagai berikut:

“Betul kata orang dulu…. Buah kalau jatuy tax kan jauh pohonnya…”

Benarkah Kaesang pernah mengenakan kaos berlambang palu arit?

Foto Kaesang yang tengah duduk didampingi Gibran itu adalah foto milik media massa online nasional sebagai ilustrasi berita berjudul Berbisnis, 2 Anak Jokowi Makin Mandiri, yang dipublikasikan pada 11 Maret 2018.

Namun, foto itu telah mengalami penyuntingan oleh oknum tak bertanggung jawab, berupa penambahan logo palu arit di sisi kiri pada kaus yang dipakai Kaesang, sebelum diunggah di Facebook.

Kaesang, melalui akunnya di Twitter sempat membantah foto itu pada Februari 2019 lalu. Foto Kaesang memakai kaos dengan logo palu arit itu adalah hoaks yang sengaja disebar menyusul munculnya isu PKI di tengah pandemi covid-19.[ida]

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here