Sekda Muba Sendiri Antarkan BLT DD untuk Nenek Zumiah

Nenek Zumiah kini memasuki usia ke-100 tahun. Ia adalah warga Desa Talang Piase, Kecamatan Lawang Wetan, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba). Kamis (28/5/2020) siang, Nenek Zumiah sangat terkejut karena didatangi pejabat, yaitu Sekretaris Daerah (Sekda) Muba Drs H Apriyadi MSi.


Sekda sendiri yang mengantarkan dan menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa untuk Nenek Zumiah, yang diterima dengan sukacita oleh perempuan lansia tersebut.

Kendati sudah berusia seabad, Nenek Zumiah tidak mengalami gangguan pendengaran dan penglihatan. Ia pun sangat interaktif berkomunikasi dengan Sekda , yang saat itu mengobrol di depan pintu rumahnya.

"Alhamdulillah, terima kasih atas bantuan yang diberikan ini. Sangat berguna bagi saya, apalagi saya ini hidup sendirian," ungkapnya.

Ia merasa bersyukur mendapatkan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Muba yang saat ini dipimpin Bupati Dr Dodi Reza Alex.

"Bantuan yang diberikan ini bisa berguna untuk kehidupan sehari-hari, saya sudah tidak kuat lagi untuk mencari nafkah di luar dan beraktivitas. Jadi sehari-hari lebih banyak berdiam diri di rumah," terangnya.

Sekda mengatakan berdasarkan data, BLT Dana Desa ke Talang Piase diperuntukkan bagi 144 KK. Bantuan hari ini Tahap Kedua. Diinstruksikan Bupati Dodi, harus dipastikan semua warga miskin Muba mendapat bantuan di masa Pandemi Covid-19. Bantuan itu wajib tepat sasaran.

"Saya memang sengaja turun ke lapangan, untuk membuktikan apakah yang mendapatkan bantuan ini tepat sasaran atau tidak. Dan Alhamdulillah saya lihat yang mendapatkan bantuan tepat. Karena dalam penentuan penerimaan bantuan ini telah melalui musyawarah desa," jelasnya.

Menurut Sekda, Dinas PMD bersama Tim Kecamatan dan Perangkat Desa yang bertugas menyerahkan langsung BLT DD door to door. Prosesnya semua dilaksanakan secara transparan dan diawasi oleh semua pihak.

Cara lainnya yaitu mekanisme kedua melalui Rekening Bank BRI. jadi nanti masyarakat dibuatkan rekening kemudian ke bank untuk melakukan pencairan. Upaya ini dilakukan Untuk menghindari isu-isu negatif dan meminimalisir terjadinya pemotongan atau pungli oleh oknum jelasnya

"Saya juga ucapkan terima kasih Pak camat, Pak Kades dan perangkatnya karena sudah melaksanakan tugasnya dengan baik yang telah menjalankan amanahnya," ucapnya.

Sementara itu Kepala Dinas PMD Kabupaten Muba H Richard Chahyadi, AP, MSi mengatakan,"Di Desa Talang Piase penerima BLT DD sebanyak 144 KK. Besar harapan kami, bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para penerima, untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari selama masa pandemi ini ." [ida]