Masyarakat Indonesia harus waspada. Karena Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) melaporkan bahwa asteroid 136795 (1997 BQ) kategori Berpotensi Bahaya, akan melintas dekat Bumi menjelang Idulfitri 1441 H/2020.

“Jarak papasan dekatnnya mencapai 16 kali jarak Bumi-Bulan, jadi masih dapat dikatakan aman, tidak akan berdampak,” kata peneliti dari Pusat Sains Antariksa Lapan Emanuel Sungging Mumpuni, Jakarta sseperti diberitakan JPNN.Com, Kamis (21/5/2020).

Asteroid itu tidak akan berdampak pada Bumi saat melintas, karena jarak lintasan terdekatnya ke Bumi masih tergolong aman.

Asteroid itu akan melintas dekat Bumi pada Jumat (22/5) pukul 04.44 WIB pada jarak 6,16 juta kilometer.

Asteroid berukuran 1,5 kilometer dan dikategorikan sebagai Asteroid Apollo dengan kelas spektral S (siliceous) serta Asteroid Berpotensi Berbahaya.

Emanuel menuturkan sebetulnya peristiwa asteroid melintas dekat Bumi senantiasa terjadi. Oleh karena itu, harus selalu diawasi besar, arahnya, serta lintasannya yang mendekat Bumi.

Perlu diketahui, besaran dampak yang ditimbulkan asteroid jika menabrak Bumi sangat bergantung pada ukuran besar asteroid.

Emanuel mengatakan jika ada asteroid yang begitu besar menabrak Bumi, maka dampaknya bisa sampai menyebabkan kepunahan dinosaurus.[ida]

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here