Founder OK OCE Indonesia, Sandiaga Uno, kembali berbagi tips kepada UMKM yang usahanya terdampak pandemi Covid-19 ini.

Hal itu disampaikan Sandi acara webinar bertajuk Strategi Adaptif UMKM di Tengah Pandemi, yang juga dihadiri oleh Ketua OK OCE Indonesia, Iim Rusyamsi, dan Ketua Tangan Di Atas (TDA) Kediri Anjar Setyanto, Minggu (17/5/ 2020)

“UMKM yang usahanya terdampak bisa melakukan peralihan produk yang ditawarkan. Seperti cobalah untuk menjual masker, saya banyak sekali melihat modifikasimasker saat ini, madu untuk meningkatkan imunitas, cairan disinfektan, layanan antivirus, webcam, dan bisa juga menyajikan jasa seputar training penggunaan sosial media khususnya zoom atau layanan meeting online lainnya, ” ungkap Sandi.

Dari beberapa usaha yang dijabarkan Sandi, Ketua TDA Kediri, Anjay Setyanto, juga melakukan pengembangan dalam bentuk pemasarannya yakni aksi Beli TDA.

“ Anggota TDA kan banyak sekali pelaku UKM, jadi saat corona ini banyak yang usahanya terhenti, maka kita buat program namanya Beli TDA, anggota membeli produk yang dijual oleh pelaku UKM sesama anggota TDA”, ungkap Anjar.

Tidak hanya itu, Sandi membagikan tipsnya berdasarkan pengalaman pribadinya. “Pada krisis 97 saya mengalami PHK dan harus kembali ke rumah orang tua dan saya memulai kembali dari nol. Semoga tips dari saya bisa berguna bagi pelaku UMKM yang terdampak, “kata Sandi.

Acara webinar ini ditutup dengan pemberian sembako kepada UMKM terdampak Covid-19 melalui MPM Berbagi bersama OK OCE Peduli dan OK OCE Indonesia.[ida]

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here